Setelah ke Korea, Mahasiswa TF UII Kini Bisa Student Exchange ke Jepang

____[Kerjasama] Jepang

Guna meningkatkan rekognisi dan jejaring internasional, jurusan Teknik Informatika (TF) FTI UII menjalin kerjasama  baru dengan Hokkaido Information University (HIU), Jepang. Penjajakan kerjasama tersebut telah dimulai semenjak pertengahan 2016.  Gayung pun bersambut, pada  awal tahun 2017, HIU bersama jurusan Teknik Informatika FTI-UII, mengajukan proposal pendanaan untuk student exchange melalui skema Sakura Science Plan ( https://ssp.jst.go.jp/EN/index.html).

Alhamdulillah, proposal tersebut diterima dan akan didanai oleh pemerintah Jepang. Melalui aktivitas ini, beberapa mahasiswa Teknik Informatika berkesempatan untuk melakukan program student exchange di HIU pada bulan September 2017.

Kabar gembira ini diperoleh Hendrik, M.Eng, ketua jurusan Teknik Informatika FTI-UII, saat melakukan kunjungan ke HIU pada tanggal 26 April 2017 yang lalu. Kunjungan tersebut merupakan rangkaian kunjungan inisiasi kerjasama antara FTI UII dengan institusi di Jepang. Selain dengan HIU, delegasi juga mengunjungi Kumamoto University dan Kansai University.  Delegasi FTI-UII ini dipimpin oleh Dr. Imam Djati Widodo, Dekan FTI UII. Turut serta dalam delegasi ini adalah Dr. Teduh Dirgahayu (dosen TF UII sekaligus Ketua Program Pascasarjana FTI-UII), Dr.Eng. Hendra Setiawan (Ketua Jurusan Teknik Elektro FTI UII), dan Yuli Augusti Rochman, M.Eng. (Ketua Jurusan Teknik Industri, FTI-UII).

Pada kunjungan ke HIU tersebut, delegasi FTI UII diterima oleh Prof. Jun Nishihira, M.D, Ph.D (vice President HIU).  Setelah saling mempresentasikan profil masing-masing institusi, dilakukan diskusi terkait bentuk-bentuk kerjasama yang mungkin dilakukan oleh kedua belah pihak. Salah satu bentuk kegiatan kerjasama yang mungkin dilakukan berkaitan dengan mahasiswa adalah program kompetisi bersama. Kompetisi tersebut meliputi pemrograman, desain web dan pembuatan film pendek. Kegiatan kompetisi ini sudan berlangsung selama 7 tahún atara HIU dan Rajamangala University of Technology Tanyaburi (RMUTT)-Thailand, yang juga merupakan salah satu mitra kerjasama jurusan Teknik Informatika FTI UII.  Terkait bentuk kegiatan ini, Prof. Yuichi Anada, sebagai penanggung jawab kegiatan ini menjanjikan untuk mengusahakan agar mahasiswa TF FTI-UII, dapat bergabung dengan rekan-rekan mahasiswa dari HIU maupun RMUTT. Namun untuk tahun ini, kemungkinan baru dapat hadir menjadi observer. Kegiatan ini rencananya akan dilangsungkan di RMUTT Thailand pada bulan September mendatang. Semoga kegiatan ini bisa terealisir sehingga mahasiswa TF UII memiliki lebih banyak kesempatan berinteraksi dan menjalin jejaring internasional. (Hendrik)

Leave us a Comment