Mahasiswa Informatika UII Kembali Mengikuti Program Joint Degree di Youngsan University Korea Selatan

Photo Youngsan

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Jurusan Informatika UII untuk menjadi salah satu program studi yang berdaya saing global antara lain dengan menjalin kerjasama dengan perguruan-perguruan tinggi di luar negeri. Salah satunya yaitu Youngsan University (YsU) di Korea Selatan.

Program kerjasama yang dilakukan dengan YsU antara lain dalam bentuk Program Joint Degree bagi mahasiswa Jurusan Informatika UII yang ingin menempuh setengah masa studinya di Negeri Ginseng.

Tahun ini merupakan tahun kedua Program Joint Degree dengan YsU berlangsung. Setelah pada tahun 2016 dua orang mahasiswa Informatika UII mengikuti Program Joint Degree di sana, tahun 2017 ini kembali ada dua mahasiswa yang mengikuti program tersebut. Mereka adalah Fairuz Shofi dan Ivan Seto Adicahya, yang keduanya merupakan mahasiswa angkatan 2015.

Secara umum, apabila ingin mengikuti program tersebut, maka mahasiswa akan menjalani setengah masa studinya di UII dan selanjutnya sisanya akan ditempuh di YsU. Mahasiswa juga harus mengikuti program persiapan bahasa Korea selama masa-masa awal di sana. Program ini tentu saja tidak hanya mempertajam hard skill dari mahasiswa namun juga soft skill yang diasah, terutama life skill dalam mengatasi tantangan-tantangan hidup. Selama berada di YsU, di awal masa studi, seluruh mahasiswa internasional akan mengikuti acara orientasi yang bertujuan untuk mengenalkan lingkungan yang baru kepada mahasiswa internasional.

Untuk memperluas manfaat dari program ini, Jurusan Informatika sangat mendukung dan siap membantu bagi para mahasiswa Informatika UII yang berkeinginan untuk berkuliah di Korea Selatan melalui program ini.  Dengan mengikuti program ini tentu saja akan semakin banyak peluang yang terbuka bagi mahasiswa, terutama peluang untuk melanjutkan studi ataupun karir di Korea Selatan. (Septia)