Mahasiswa Informatika UII Terpilih sebagai Delegasi Program Pertukaran Pelajar Sakura Science Program oleh Hokkaido Information University Jepang

jpn9

Minggu lalu tepatnya tanggal 18-23 September 2017, Jurusan Teknik Informatika UII mengirimkan delegasinya ke Jepang untuk mengikuti pertukaran pelajar yang diadakan oleh Hokkaido Information University (HIU) dan disponsori sepenuhnya oleh Japan Science and Technology Agency (JST) melalui skema program Sakura Science Program.

Sakura Science Program sendiri memiliki tujuan yaitu untuk mendukung kemajuan ilmu dan teknologi serta meningkatkan minat dan ketertarikan pemuda-pemudi terhadap ilmu dan teknologi, khususnya di wilayah Asia.

Pada program pertukaran pelajar oleh Sakura Science Program kali ini, Teknik Informatika UII mengirimkan satu perwakilan mahasiswa, Sabika Amalina mahasiswi aktif dari angkatan 2016. Setelah sebelumnya mengikuti proses seleksi hingga akhirnya terpilih. Selain itu, Ketua Jurusan Teknik Informatika, Hendrik, S.T., M.Eng. juga ikut menghadiri program ini selama seminggu di Jepang.

Program ini adalah program kerjasama antara HIU dan UII yang pertama kali dilakukan. Tema yang diangkat dalam program ini adalah Space Information System. Sebuah topik yang cenderung baru dan jarang sekali didengar oleh mahasiswa pada umumnya. Di Indonesia sendiri, masih sedikit sekali orang yang tertarik untuk mendalami ilmu Astronomi dan ilmu lain yang berkaitan dengan teknologi luar angkasa. HIU sebagai tuan rumah memang banyak mendalami teknologi informasi dan komunikasi, termasuk teknologi satelit.

Bersama dengan masing-masing dua delegasi lainnya dari Malaysia dan Thailand, seluruh delegasi mengikuti program ini selama kurang lebih seminggu ditemani oleh Mr. Keita Odajima dari International Exchange and International Student Support Division HIU. Selama program ini, para peserta mengunjungi The Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) di Tsukuba selama sehari dan dilanjutkan pembelajaran di Hokkaido Information University (HIU) bersama Prof. Watanabe untuk mengetahui cara mengambil data yang didapat dari Himawari Satellite dengan menggunakan bahasa pemograman python.

Diharapkan melalui kegiatan ini, timbul tekad dari dalam diri para mahasiswa untuk lebih menggali kemampuan untuk mengembangkan ilmu dan teknologi agar menjadi terdepan dengan Jepang sebagai contoh kemajuan teknologi di era teknologi ini. (Sabika)

Blog Attachment