,

Forensik Virtual Server

Sony Wirayudha, peneliti Forensik Virtual Server

“Virtualisasi server ini merupakan teknologi yang memungkinan menjalankan beberapa sistem operasi dalam waktu yang sama dan menjalankan fungsinya masing-masing. Sekarang ini banyak perusahaan yang memanfaatkan serta menggunakan virtualisasi server.Dengan banyaknya penggunaan virtualisasi server ini tentu akan memunculkan celah kejahatan baru apabila salah satu servernya digunakan untuk melakukan tindak kejahatan”.

Soni Wirayudha, menjadikan hal tersebut alasan melakukan penelitian tugas akhirnya sebagai Mahasiswa Konsentrasi Forensika Digital Magister Teknik Informatika Program Pascasarjana Fakultas Teknologi Industri (PPs FTI UII).

“Hal ini akan menimbulkan sebuah tantangan dan menyulitkan penyidik dalam mengungkapkan dan menemukan petunjuk bukti digital yang tertinggal dalam mesin virtualnya” ujarnya sesaat setelah dinyatakan Lulus sebagai Magister Komputer (24 Desember 2016).

Mahasiswa asal Riau ini menambahkan, “Walaupun saat ini belum banyak kejahatan yang memanfaatkan virtualisasi server sebagai media kejahatan namun untuk ke depannya sangat berpotensi untuk digunakan oleh para pelaku kejahatan. Dalam penelitian forensik virtual server ini, saya menggunakan metode live forensic dan melakukan tiga buah model teknik akuisisi virtualisasi. Dari ketiga teknik ini akan dilakukan implementasi serta uji coba untuk mengakuisisi salah satu server-nya saja tanpa mengganggu atau mematikan sistem operasi lainnya yang sedang berjalan”.

Berdasarakan uji coba yang dilakukan ini diketahui apabila dilihat dari sisi waktu, teknik akuisisi model merupakan teknik akuisisi yang lebih baik karena penggunaan yang lebih sedikit dari kedua teknik akusisi lainnya. Sementara itu, apabila digunakan untuk cloud, teknik akuisisi model II adalah teknik akuisi yang paling direkomendasikan karena ada fitur backup melalui portalweb yang telah dimiliki langsung oleh virtualiasi servernya.

“Jadi ketika mengakuisi tidak perlu datang langsung ke penyedia layanan servernya. Untuk indikator teknik mana yang direkomendasikan dan paling baik tentu saja tergantung dari situasi dan kondisi serta kebutuhan dari kasus yang akan terjadi,” tegasnya.

“Alhamdulillah perjuangan dalam menempuh studi, semua tidak lepas dari dukungan dan bantuan dari Yudi Prayudi, S.Si., M.Kom. dan Dr. Bambang Sugiantoro, M.T. selaku pembimbing sangat membantu sekali dalam proses menyelesaikan penelitian saya. Banyak masukan dan arahan yang diberikan kepada saya. Juga dosen penguji Ahmad Luthfi, S.Kom., M.Kom. selaku dosen penguji juga sangat membantu dalam memberikan masukan dan saran-saran untuk penelitian forensik virtual server ini” pungkas Soni. (Jerri Irgo)

1 reply
  1. Menuju Teknologi Futuristik
    Menuju Teknologi Futuristik says:

    informasi terkait virtual server sungguh bermanfaat. Pada era digital 5.0 ini, terdapat berbagai peluang besar yang muncul berkat kemajuan teknologi. Augmented Reality Jakarta adalah salah satu teknologi yang mampu menciptakan pengalaman visual yang interaktif dan inovatif, mungkin menjadi salah satu elemen menarik dalam strategi berbagai bidang.

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *