,

Dosen Teknik Informatika, Latih Buat Buletin Online

Dosen-Dosen Program Studi Teknik Informatika FTI UII melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat berupa pelatihan dan pendampingan Forum UMKM Online Kebumen dalam rangka persiapan penerbitan buletin baik cetak maupun online. Kegiatan ini diikuti oleh 15 pengurus Forum yang saat ini beranggotakan sampai 55 pengusaha UMKM dari berbagai jenis usaha.

Dalam releasenya, Hari Setiaji menyatakan “Pengabdian Masyarakat kali ini diselenggarakan di luar Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu berlokasi di Kabupaten Kebumen, dengan mengutus 6 orang Dosen, yakni Kholid Haryono, Hendrik, Chandra Kusuma Dewa, Hari Setiaji, Arrie Kurniawardhani, dan Septia Rani. Kegiatan ini diselenggarakan pada Hari Sabtu dan Ahad, (12-13 Jumadal Akhirah 1438 H/11-12 Maret 2017 di Ruang Komputer Perpustakaan Daerah Pemerintah Kabupaten Kebumen”.

“Output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah kemampuan organisasi Forum untuk dapat menerbitkan buletin dalam dua bentuk, yakni offline/cetak dan online. Untuk mencapai tujuan ini, pelatihan dibagi menjadi dua pokok bahasan dan masing-masing bahasan satu hari. “Hari pertama target tercapai untuk membekali pengetahuan komputer dasar bidang UMKM, pengantar media dan jurnalistik, praktek pembuatan buletin cetak dan ditutup dengan desain buletin menggunakan aplikasi Inkscape, yakni aplikasi desain grafis seperti corel draw dan bersifat freeware/gratis” ujar Hari.

Selanjutnya hari kedua target tercapai untuk mengantarkan anggota Forum dapat membuat buletin online dengan materi installasi web, manajemen konten, dan ditutup dengan pengantar Search Engine Optimization (SEO) untuk menargetkan kata kunci sasaran pada halaman utama mesin pencari.

Secara terpisah Hendrik dan Nanang, keduanya sama-sama memberikan apresiasi pada kegiatan ini. Hendrik, S.T., M.Eng. Ketua Program Studi Teknik Informatika “Pelatihan ini merasakan kegiatan ini sangat kontributif, karena memadukan teman-teman dosen yang ahli dalam teknologi dan metode dengan teman-teman UMKM yang berjibaku dengan realitas yang dihadapi menjadi sangat mutualis” tutur Hendrik.

Sementara Nanang W Y, Ketua Forum berpendapat senada selain memberikan apresiasi yang besar terhadap kegiatan ini, juga menyatakan “Seluruh anggota yang mengikuti pelatihan juga antusias dan bersemangat, karena banyak mempelajari hal baru dan menjadi lebih siap untuk memulai membentuk organisasi kecil khusus yang bertugas membuat dan mengelola buletin.

“Sebuah awal yang baik. Saya berharap kepada Dosen Program Studi Teknik Informatika FTI UII untuk tetap dapat membantu mendampingi dan memberikan konsultasi dalam bentuk online selama rencana penerbitan buletin nanti dimulai” pungkas pengusaha kerajinan tangan dari bahan Jenitri ini. (Jerri Irgo)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.