,

Dari Tepi Danau Toba, Informatika UII Berhasil Membawa Juara

Bulan Mei ini, Jurusan Teknik Informatika UII mengirimkan beberapa perwakilannya untuk mengikuti babak final di berbagai perlombaan nasional. Salah satunya adalah perwakilan ke Institut Teknologi Del (ITD), Sumatera Utara. Lomba ITobaFest yang diselenggarakan oleh ITD

memiliki 5 kategori perlombaan, 2 di antaranya Informatika UII berhasil lolos hingga ke babak finalnya, yaitu Lomba Pemrograman dan Lomba Keamanan Jaringan. Babak final ini dilaksanakan pada tanggal 19 Mei 2017, bertempat di kampus ITD Laguboti, sebuah kampus yang terletak di tepi Danau Toba.

Dari kategori pemrograman, Informatika UII berhasil mengirimkan 3 mahasiswanya yang mengikuti lomba pemrograman secara individu. Selama 4 jam, peserta dihadapkan pada 10 soal yang diminta untuk menyelesaikannya dalam sebuah program. Namun sayang, ketiga mahasiswa ini belum berhasil mendapatkan gelar juara. Dari 30 finalis, Informatika UII berhasil menduduki peringkat terbaik di ranking 8.

Sedangkan dari kategori keamanan jaringan, dikirim juga 3 mahasiswa sebagai satu tim. Setiap tim diminta menyelesaikan permasalahan dari beberapa kategori, seperti soal forensik, reversing dan soal tambahan lain (misc) selama 6 jam. Untuk menjawab soal tersebut, diperlukan kemampuan analisis terbaik. Alhamdulillah, dari 10 tim finalis, tim Informatika UII ini berhasil mendapatkan Juara III. Tim ini juga menjadi penjawab tercepat untuk dua soal.

Setelah pengumuman pemenang, lomba ITobaFest ditutup. Selanjutnya, para peserta diizinkan untuk menikmati kemegahan Danau Toba serta Pulau Samosir yang berada di tengahnya. (Hanson)

Tim Toba Fest dari Informatika UII

Tim Toba Fest dari Informatika UII

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.