Kunjungan UIN Sultan Syarif Kasim Riau ke Teknik Informatika FTI UII

Guna mewujudkan salah satu visi jurusan Informatika UII yakni “…menjadi rujukan nasional…”, maka pada Rabu, 2 Agustus 2016, Jurusan Informatika UII menerima kunjungan studi banding dari jurusan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau. Rombongan yang terdiri dari 10 orang dosen dan 14 mahasiswa ini dipimpin langsung oleh ketua jurusan Teknik Ifnormatika UIN Suska, M.Irsyad, S.T. M.T. Rombongan disambut oleh Ketua Jurusan Informatika UII, Hendrik, S.T., M.Eng dan Sekretaris Jurusan Informatika UII, Nur Wijayaning Rahayu, S.Kom, M.Cs. Dalam sambutannya, Hendrik merasa sangat gembira dan tersanjung menerima kunjungan studi banding ini. Hendrik menyatakan ada ikatan emosional antara jurusan Informatika UII dengan jurusan Teknik Informatika UIN Suska, mengingat beberapa dosen Teknik Informatika UIN Suska termasuk ketua jurusannya merupakan alumni dari Informatika UII.

Setelah sambutan, pada sesi awal dipaparkan profil singkat UII dan jurusan Informatika UII. Selanjutnya dilangsungkan sesi diskusi. Selain diskusi antar dosen, juga dilangsungkan sesi diskusi antar mahasiswa. Diskusi mahasiswa dilakukan dengan dipandu pengurus Himpunan Mahasiswa Informatika UII. Fokus diskusi mahasiswa terkait manajemen dan tata kelola lembaga kemahasiswaan. Diskusi mahasiswa berlangsung sangat hangat dan akrab.

Ada pun diskusi antar dosen difokuskan pada permasalahan kurikulum. Pada sesi ini dipaparkan mengenai kurikulum Informatika 2016 oleh Fathul Wahid, Ph.D, selaku ketua tim penyusun kurikulum. Pada pemaparannya, Fathul Wahid menyampaikan bahwa saat ini jurusan Informatika UII baru saja menerapkan kurikulum 2016. Kurikulum ini sudah mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Tidak cukup itu saja, kurikulum ini juga diramu dengan mengacu pada beberapa rumusan asosiasi profesi seperti Association for Computing Machinery (ACM) dan Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE). Selain itu guna mewujudkan visi Informatika UII yang “..berorientasi global…”, kurikulum baru ini juga mengacu pada rumusan Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET). Adanya perubahan yang cukup mendasar pada kurikulum baru dibandingkan dengan kurikulum 2010, maka guna melancarkan proses transisi, pelaksanaan kurikulum baru ini dilaksanakan secara paralel dengan kurikulum 2010. Dengan demikian, untuk saat ini yang telah mencicipi kurikulum 2016 hanyalah mahasiswa angkatan 2016. (Hendrik)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.