Teknik Informatika UII Menerima Mahasiswa Pertukaran Pelajar dari RMUTT Thailand

Sebagai bentuk realisasi kerjasama antara Jurusan Teknik Informatika UII dan Rajamangala University of Technology Thanyaburi (RMUTT) Thailand, setiap tahunnya kedua pihak saling mengirimkan sekitar 2-3 mahasiswa untuk mengikuti program pertukaran pelajar. Pada tahun ini, terdapat tiga mahasiswa dari RMUTT yang mengikuti program tersebut di Jurusan Teknik Informatika UII. Para mahasiswa tersebut akan mengerjakan proyek IT selama 3 bulan, yaitu dari bulan Agustus sampai dengan Oktober 2017.

Dalam rangka menyambut kedatangan mahasiswa pertukaran pelajar dari RMUTT tersebut, pada tanggal 2 Agustus 2017 diadakan kuliah umum dengan tema “Internet of Things”. Narasumber pada acara kuliah umum tersebut adalah Keeratiburt Kanchanasatian, M.Sc. dari RMUTT Thailand dan Dr. M. Andri Setiawan dari UII. Keduanya memang memiliki fokus penelitian di bidang Internet of Things. Pada kuliah umum tersebut, Keeratiburt Kanchanasatian, M.Sc. menyampaikan materi mengenai “Smart Things”, sedangkan Dr. M. Andri Setiawan menyampaikan materi mengenai “The Future of Internet of Things”. Kedua topik tersebut sangatlah menarik, terlebih ketika Dr. M. Andri Setiawan menyampaikan bahwa tidak lama lagi di masa depan, keberadaan Internet of Things (IoT) akan menjadi sesuatu seperti halnya listrik,  IoT akan ada dimana-mana dan koneksi internet pun akan sangat mudah sekali kita dapatkan.

Terlihat bahwa para peserta kuliah umum, yang kebanyakan adalah mahasiswa Teknik Informatika, sangat antusias dengan materi yang disampaikan oleh para narasumber. Apalagi topik IoT masih tergolong baru di Indonesia, masih banyak sekali hal-hal yang dapat dilakukan untuk membantu implementasi IoT di Indonesia. Acara kuliah umum menjadi semakin menarik ketika para mahasiswa perwakilan pertukaran pelajar dari RMUTT menampilkan tarian tradisional mereka. Beberapa mahasiswa bahkan ada yang sempat mengabadikan penampilan tersebut melalui video menggunakan smartphone.

Untuk tiga bulan ke depan, para mahasiswa dari RMUTT akan mengerjakan proyek terkait dengan bidang pengolahan citra digital. Selama mengerjakan proyek tersebut, ketiganya akan dibimbing oleh Dr. Izzati Muhimmah yang memang sudah lama meneliti bidang pengolahan citra digital. Adapun untuk mahasiswa Jurusan Teknik Informatika UII yang akan mengikuti kegiatan pertukaran pelajar di RMUTT, yaitu Elang Cergas Pembrani (2014) dan Ilma Fadhlia Furqaana (2014), mereka insya Allah akan berangkat ke Thailand pada bulan September depan. (Septia)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.