Kunjungan Informatika ke Bandung, Bawa Pulang Banyak Peluang

Informatika merupakan salah satu bidang yang perkembangannya sangat pesat. Munculnya berbagai teknologi baru setiap tahun, menuntut kita yang berkecimpung di bidang ini untuk selalu memperbaharui pengetahuannya. Termasuk di dalamnya adalah menyesuaikan keilmuannya dengan kebutuhan di dunia industri. Sebagai salah satu upaya Program Studi Informatika UII untuk terus up-to-date, pada tanggal 15-16 Agustus 2017, beberapa staf melaksanakan kunjungan ke beberapa institusi di kota Bandung, Jawa Barat. Dari kunjungan ini, Prodi Informatika berhasil menginisiasi kerja sama, baik dalam bidang pengajaran maupun penelitian.

Perusahaan pertama yang dikunjungi yaitu PT Swamedia Informatika. Software house ini menawarkan solusi teknologi informasi bagi enterprise dan juga pemerintahan. Perusahaan ini telah mengimplementasikan berbagai tools yang dapat menjadi best practice dalam membangun perangkat lunak.

Perusahaan selanjutnya, Agate Studio merupakan perusahaan pencipta game yang didirikan tahun 2011. Dijelaskan oleh salah seorang Head of Development, bahwa untuk terjun ke industri game, diperlukan orang-orang yang memiliki pasion terhadap game. Agate mengusung konsep fun yang terlihat tidak hanya dari game yang mereka produksi, namun juga dari dekorasi kantornya yang sangat menarik.

Selanjutnya perusahaan ketiga yaitu Pusat Penelitian Informatika dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Di bidang Informatika, LIPI memiliki 6 kelompok penelitian di mana tiga di antaranya yaitu Computer Vision, High Performance Computing dan Data Science. Didukung kerjasama dengan berbagai institusi seperti pusat oseanografi (LIPI), pusat penelitian hutan (P3H) serta pusat penelitian nuklir Eropa (CERN), hal ini membuat penelitian-penelitian Pusat Informatika LIPI menjadi penelitian yang patut dibanggakan baik nasional maupun internasional..

Ketiga institusi tersebut menjelaskan bahwa mereka terbuka menerima mahasiswa Teknik Informatika UII untuk baik untuk melaksanakan Magang, Kerja Praktek, Tugas Akhir maupun untuk bergabung sebagai karyawannya. Mereka juga berkomitmen untuk memberikan dukungan dan kemudahan para mahasiswa agar dapat menyelesaikan pekerjaannya, baik dalam bentuk pelatihan maupun pendampingan. (Septia)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.