Persiapkan Akreditasi Internasional, Informatika FTI UII Kunjungi Informatika STEI ITB

Selain mengunjungi berbagai perusahaan industri dan institusi penelitian di Bandung, Prodi Informatika UII juga singgah di salah satu program studi informatika terbaik di Indonesia bahkan juga diakui di dunia, yaitu Prodi Informatika, Sekolah Teknik Elektro dan Informatiak (STEI), Institut Teknologi Bandung (ITB). Kunjungan ini dilaksanakan pada hari kedua yaitu tanggal 16 Agustus 2017, diikuti oleh 9 staf pengajar dari Informatika UII.

Meninjau ke belakang, Program Studi Informatika UII berdiri pada tahun 1994 dan mendapat akreditasi B pertama kali pada bulan Juli 2000. Saat ini, program studi Teknik Informatika telah mendapatkan akreditasi A untuk periode 2015 s.d 2019. Dengan capaian terbaik di skala nasional ini, maka target selanjutnya adalah untuk mendapatkan akreditasi di skala internasional. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, diperlukan persiapan dan perbaikan di berbagai aspek.

Informatika ITB adalah program studi yang terakreditasi oleh Computing Accreditation Comission (CAC), Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET) pada tahun 2014. Dari diskusi dengan pihak Informatika ITB, salah satu yang paling penting untuk dipersiapkan adalah terkait kurikulum. Kurikulum Informatika ITB sendiri diakui mengacu kepada kompetensi kelompok Computer Science (CS) sesuai dengan pedoman Computing Curricula ACM, namun tetap mengandung sedikit kompetensi Software Engineering (SE). Hal ini dimungkinkan dan diakui oleh ABET. Hanya saja yang paling penting bahwa program studi harus menentukan kecenderungan tersebut dan memiliki kompetensi pembelajaran dalam porsi yang cukup di kelompok tersebut, baik CS, SE, Information System (IS), Information Technology (IT), atau Computer Engineering (CE).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.