Prestasi Pertama Mahasiswa TF FTI UII pada Tahun 2018

Alhamdulillah, Teknik Informatika kembali meraih prestasi di kompetisi ITB COOPERATIVE DAY MOBILE APPS COMPETITION (ITBCD) 2018 yang berlangsung pada tanggal 15-18 Februari 2018 di Institut Teknologi Bandung. Tim Bismillah yang beranggotakan Mike Rustia Putri (IF 2014), Nurul Fatikah Muchlis (IF 2014) dan Dammaeka Dhanar Ilyaza (IF 2014) berhasil menjadi juara 2 Nasional dalam ajang kompetisi ini.
Adapun tema yang diangkat dalam lomba ITBCD yaitu ”Realizing the Potential of Cooperative By Developing Cooperative-Related Apps”. Berdasarkan tema tersebut, Tim Bismillah membuat inovasi media belajar dan promosi koperasi kepada anak-anak SD dengan menggunakan game yang bernama Go-Coop. Game Go-Coop memiliki genre RPG dengan basis mobile yang memiliki misi berhubungan dengan pengenalan dunia koperasi. Proses penelitian Game Go-Coop berlangsung selama bulan Desember hingga Februari dengan bimbingan Galang Prihadi Mahardhika, S.Kom.,M.Kom.

Proses penelitian yang dilakukan selama kurang lebih dua bulan ini cukup menarik. Kami diharuskan berinteraksi langsung dengan anak-anak kelas empat SD Selomulyo, Sleman. Penelitian diawali dengan wawancara dengan pertanyaan seputar fungsi koperasi. Mereka hanya mengetahui fungsi koperasi sebagai tempat untuk membeli peralatan sekolah. Setelah wawancara, kami langsung mengujikan secara langsung aplikasi Go Coop. Anak-anak terlihat sangat antusias dan fasih dalam bermain Go-Coop tanpa arahan dari kami. Setelah pengujian, kami kembali melakukan wawancara mengenai fungsi koperasi dan pengetahuan dasar koperasi seperti yang diberikan dalam game. Alhamdulillah terjadi peningkatan pengetahuan fungsi koperasi dari 36% menjadi 96% dari 36 siswa dikelas.

Alur seleksi lomba ITBCD yaitu seleksi abstrak, terdapat 30 Tim yang lolos abstrak. Dilanjutkan dengan semi final yaitu mengirimkan proposal dan video, dan penilaian final yaitu presentasi secara langsung di ITB dengan juri dari 3 bidang yaitu Akademis, Teknologi dan Ekonomi. Terdapat 5 Tim yang lolos final yaitu Universitas Islam Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Negeri Semarang, Politeknik Negeri Jakarta dan Universitas Telkom.

Harapan kami dari Tim Bismillah, pengembangan aplikasi ini dapat terus belanjut hingga dapat diimplementasikan sebagai media pembelajaran koperasi. Seperti pernyataan salah satu juri dari Pemerintah Bidang Ekonomi bahwa pemerintah masih bingung untuk memberikan sosialisasi pada anak SD tentang koperasi, dan bagi beliau Go Coop adalah salah satu inovasi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Oleh karena itu, untuk teman-teman sekalian, mari kita sama-sama membangun Indonesia dan jangan takut untuk berinovasi karena Indonesia membutuhkan kita.