, ,

Mahasiswa Informatika UII Ikuti Program Double Degree ke China

Jurusan Informatika UII kembali mengirimkan mahasiswa untuk mengikuti Program Double Degree bekerja sama dengan perguruan tinggi di luar negeri. Setelah sebelumnya menjalin kerja sama dengan Youngsan University di Korea Selatan, tahun ini mahasiswa Informatika UII berkesempatan untuk mengikuti Program Double Degree bekerja sama dengan Nanjing Xiaozhuang University (NXU) di China. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud upaya internasionalisasi Jurusan Informatika UII.

Pada tahun pertama ini, ada sebanyak 4 mahasiswa yang akan berangkat mengikuti Program Double Degree di NXU China. Mereka adalah Agung Ramadhan Putra, Nabhan Faisal Bariz, Rizal Hamdan Arigusti, dan Sabika Amalina. Keempatnya merupakan mahasiswa Program Studi S1 Teknik Informatika angkatan 2016. Rencananya mereka akan menjalani 2 tahun masa perkuliahannya di NXU China. Sesuai dengan Kurikulum 2016 yang diimplementasikan di Program Studi S1 Teknik Informatika UII, mahasiswa memang diberi kebebasan memilih jalur di tahun terakhir studinya, yang salah satunya adalah jalur mengikuti kuliah di luar negeri. Adapun pilihan jalur lainnya yaitu jalur penelitian, pengabdian kepada masyarakat, perintisan bisnis, dan magang.

Terkait dengan Program Double Degree ke NXU China, para mahasiswa mendapatkan beasiswa subsidi dari pemerintah China. Adapun proses seleksinya biasanya sudah dimulai sejak bulan Maret sebelum tahun ajaran baru berjalan (yaitu bulan September). Sebelum berangkat ke China, pada hari Jumat tanggal 31 Agustus yang lalu, para mahasiswa dilepas oleh Dekan Fakultas Teknologi Industri UII, yaitu Prof. Hari Purnomo. Pada kesempatan tersebut beliau berpesan agar mahasiswa tekun dan semangat belajar, karena menurut beliau, kesuksesan akademik bukan semata-mata karena kepintaran, namun yang lebih dominan adalah ketekunan dan semangat pantang menyerah dalam belajar. Prof. Hari juga berpesan agar para mahasiswa menjaga identitasnya sebagai muslim, jangan sampai budaya Islamnya hilang. Selama di sana nanti, mahasiswa juga berkesempatan untuk belajar Bahasa China yang merupakan salah satu bahasa internasional. Dengan kesempatan ini mahasiswa akan memiliki kesempatan yang lebih luas untuk dapat merangkul dunia.

Selain mengirimkan 4 mahasiswa untuk mengikuti Program Double Degree ke NXU China, tahun ini Jurusan Informatika UII juga mengirimkan 2 mahasiswa untuk mengikuti Program Pertukaran Pelajar ke RMUTT Thailand. Mereka adalah Aufa Aulia Fadila Yusuf dan Dhiya Mahdi Asriny yang merupakan mahasiswa Program Studi S1 Teknik Informatika angkatan 2015. Program Pertukaran Pelajar ini sudah berjalan lebih dari 3 tahun. Semoga ke depannya upaya internasionalisasi di Jurusan Informatika UII dapat berjalan lancar sehingga semakin banyak peluang yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa selama berkuliah di Informatika UII. (Septia)