,

Mahasiwa Informatika UII kembali berhasil raih penghargaan pada IYIA

Alhamdulillah, Mahasiswa Teknik Informatika kembali meraih penghargaan dalam ajang International Young Inventors Award (IYIA) yang berlangsung pada tanggal 19-22 September 2018 di Inna Grand Bali Beach Sanur, Bali, Indonesia. Tim yang menjadi satu-satunya perwakilan Universitas Islam Indonesia pada ajang International Young Inventors Award ini beranggotakan Mike Rustia Putri (T.IF 2014), Rita Nur’aeni (T.IF 2014), dan Mhd Hamzah Fansuri (TM 2014) berhasil mendapatkan penghargaan Bronze Medal (Special Award).

IYIA diselenggarakan semenjak tahun 2013 oleh Indonesian Invention and Inovation Promotion Association (INNOPA) yang bekerja sama dengan World Invention Intellectual Property Associations (WIIPA) dan International Federation of Inventors Associations (IFIA). IYIA akan memberikan kesempatan kepada inovator-inovator muda atau ilmuan-ilmuan untuk mempromosikan dan berbagi ide kreatif satu sama lain dari berbagai sektor. Kegiatan IYIA ini diikuti oleh 15 negara yang terdiri dari 300 lebih peserta.

Adapun alur untuk mengikuti kegiatan ini yaitu peserta melakukan registrasi pendaftaran terlebih dahulu. Kemudian peserta mengirimkan proposal yang berisi tentang ide yang dimiliki. Setelah itu, bagi peserta yang lolos seleksi akan mendapatkan invitation, pada tanggal 19 September 2018 akan mengikuti penjurian di Inna Grand Bali Beach Sanur, Bali. Pada tanggal 20 September 2018 seluruh peserta boleh saling mengunjungi booth untuk berbagi atau bertukar ide satu sama lain. Pada tanggal tanggal 22 September 2018 merupakan pemberian penghargaan kepada peserta IYIA.

Pada ajang ini inovasi yang dibawakan oleh tim UII adalah pengembangan dan inovasi dari aplikasi permainan tentang pendidikan karakter yang sebelumnya telah menjuarai beberapa perlombaan lainnya dengan tujuan mengenalkan aplikasi ini tidak hanya dalam skala nasional namun juga internasional sehingga dapat bersaing dengan aplikasi permainan lainnya yang masih kurang mendidik dan dapat merusak karakter anak-anak. Harapannya, permainan ini dapat terus dikembangkan sehingga dapat memberikan manfaat untuk membentuk karakter baik bagi generasi muda. Selain itu, semoga mahasiswa Teknik Informatika semakin termotivasi untuk berkarya dan mau berperan serta dalam memajukan Indonesia dengan mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan.