,

Komoditas Baru Senilai Minyak Itu Adalah Data

Arus pertukaran informasi di dunia digital kian meningkat keramaiannya seiring dengan peningkatan aktivitas warganet di dunia maya. Pertukaran informasi tersebut juga mengakibatkan kian ramainya arus aliran data yang berasal dari berbagai layanan internet seperti penelitian, sosial media, surat elektronik, pemutaran musik, video, dan sebagainya.

Demi menjawab kebutuhan akan informasi yang akurat dari data dalam jumlah besar tersebut, Data Science hadir sebagai suatu tren baru yang dapat menyelesaikan berbagai macam persoalan yang berkaitan dengan data.

Saat ini, ungkapan ‘Data is the new oil’ yang menggambarkan betapa berharganya data serta informasi yang mungkin didapatkan darinya di era digital. Data telah membawa penelitian dan industri pada babak baru.

Dalam konteks penelitian, data banyak melahirkan topik-topik penelitian lintas disiplin. Sementara dari sisi industri, data menjadi komoditas baru yang dapat diolah menjadi kapital yang menjanjikan.

Pusat Studi Data atau Center of Data Science (CDS) adalah sebuah pusat studi baru di bawah payung Jurusan Teknik Informatika Universitas Islam Indonesia (UII). Tim CDS menyadari bahwa Data Science adalah suatu pasar baru yang bisa digeluti oleh mahasiswa Teknik Informatika. Di pasar ini, banyak topik penelitian dan berbagai macam profesi yang jenisnya akan terus berkembang.

Data Science Talk and Workshop Series yang baru pertama kali digelar di UII itu menghadirkan banyak pembicara dari kalangan akademisi dan praktisi dari dunia Industri. Dihadiri oleh banyak mahasiswa, acara ini diharapkan dapat menumbuhkan minat pada dunia data dan dapat memberikan gambaran tentang Data Science baik dari sisi penelitian maupun dari sisi industri.

Pembicara yang hadir pada workshop dengan tema Toward Academic Challenge & Industrial Demand itu adalah : Ardya Dipta Nandaviri (Senior Data Scientist Go-Jek), Sigit Prasetyo (Ketua idBigData), Ridho Rahmadi (CDS, Informatika UII), RB Fahriya Hakim (DSI, Statistika UII), Rahmi Yuan (Prosa.ai), Ahmad Fathan Hidayatullah (CDS, Informatika UII), Dhomas Hatta Fudholi (CDS, Informatika UII), dan Ayundyah Kesumawati (DSI, Statistika UII).

Acara yang digelar di Gedung Kuliah Umum (GKU) UII tersebut dihadiri lebih dari 200 orang mahasiswa dan dosen dari berbagai Universitas di Indonesia. Kecuali para akademisi, praktisi dari instansi negara seperti Badan Pusat Statistik, Badan Siber dan Sandi Negara, serta beberapa perusahaan juga turut hadir.

CDS berharap dapat menggelar acara yang serupa pada tahun 2019. Sampai saat ini, sudah ada dua universitas lain yang bersedia menjadi host acara selanjutnya.

(U/Ridho)