Pengelola Magister Teknik Informatika Mengisi Workshop di Politeknik Indonusa Surakarta

Pengabdian Magister Teknik Informatika UII di Politeknik Indonusa Surakarta dilaksanakan pada hari Rabu, 21 Februari 2019, oleh dua perwakilan dari Magister Teknik Informatika UII, yaitu Ibu Izzati Muhimmah, S.T., M.Sc., Ph.D. selaku Ketua Program Studi Program Magister Teknik Informatika dan Bapak Rahadian Kurniawan, S.Kom., M.Kom. selaku Manajer Akademik dan Keilmuan untuk memenuhi undangan sebagai pembicara Workshop “Implementasi Pembelajaran dan Publikasi Jurnal Internasional di Era Revolusi Industri 4.0”. Secara garis besar, keduanya diminta untuk menjelaskan bagaimana mempersiapkan model pembelajaran dan publikasi di era industri 4.0.

 

Ibu Izzati menjelaskan bahwa Politeknik Indonusa memiliki keunikan, yaitu kekhususan di D4 Rekam Medis. Ini adalah peluang kemitraan yang strategis karena Magister Teknik Informatika memiliki Pusat Studi yang khas, yaitu di bidang Informatika Medis. Ibu Izzati dan Bapak Rahadian berbagi mengenai proses pembelajaran di UII. Terdapat diskusi tentang cara membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik, yaitu dengan model gamifikasi. Diskusi juga membahas contoh dan best practice bagaimana kita berusaha lewat publikasi agar terbaca dalam publikasi internasional. Beliau juga menceritakan infrastruktur yg dipersiapkan UII seperti ScienceDirect dan sebagainya untuk membekali dosen-dosen dalam berkarya, dukungan adanya klaster riset, rancangan induk penelitian di DPPM UII, hingga bagaimana dokumen arah penelitian itu dibentuk dan menjadi alat saat mengajukan pendanaan eksternal. Selain itu, UII juga akan memberikan apresiasi jika civitas akademika sudah mencapai perolehan publikasi internasional. Yang Bu Izzati dan Pak Rahadian sampaikan di forum workshop tersebut memantik diskusi di Politeknik Indonusa agar saling bekerja sama untuk mewujudkan hal-hal yang diharapkan.

 

Antusiasme peserta dari Politeknik Indonusa cukup besar ditandai dengan beragamnya peserta workshop; tidak hanya dari Program Studi Rekam Medis, tetapi juga dari berbagai program studi. Momen ini juga dimanfaatkan untuk kembali menjalin silaturahim dengan ikatan alumni Magister Teknik Informatika UII di Surakarta mengingat cukup banyak alumni yang menjadi dosen dan pejabat struktural di sana. Kondisi seperti ini juga akan memudahkan Magister Teknik Informatika UII untuk bekerja sama dengan Politeknik Indonusa.

Program Magister Teknik Informatika UII sedang membuka pendaftaran periode tiga untuk Semester Ganjil Tahun Akademik 2018/2019 hingga tanggal 9 Maret 2019 mendatang. Info selengkapnya dapat dicek di master-fit.uii.ac.id.