,

Semangat Produktivitas dalam Laboratorium Baru

Jurusan Teknik Informatika (TF) Universitas Islam Indonesia (UII) merenovasi dua buah ruang laboratorium di gedung Wahid Hasyim yang difungsikan sebagai gedung laboratorium Fakultas Teknologi Industri (FTI) UII. Laboratorium tersebut diresmikan penggunaannya pada Selasa (4/3) lalu usai rapat mingguan dosen Informatika dengan mengundang para asisten dosen serta staff jurusan dari mahasiswa.

“Ruangan ini akan menjadi ruangan multifungsi yang kreatif, sehingga harapannya ruangan ini bisa digunakan untuk aktifitas perkuliahan, pembelajaran, utamanya teman-teman dari UKM, untuk dapat mengembangkan ide-idenya, keilmuannya, serta skillnya,” ujar Hendrik, S.T., M.Eng., selaku Ketua Jurusan TF UII ketika diwawancarai pada acara tumpengan dalam rangka peresmian laboratorium baru tersebut.

Dirinya juga menyampaikan bahwa renovasi tersebut bukanlah yang pertama dan terakhir, sebab akan ada beberapa ruangan lagi di bawah naungan TF UII yang akan direnovasi untuk menciptakan suasana kerja yang baru.

Ditemui pada kesempatan yang sama, Ridho Rahmadi, S.Kom., M.Sc. selaku kepala laboratorium memaparkan bahwa konsep yang digunakan dalam renovasi dua buah ruangan tersebut adalah konsep flexible sitting, sehingga meja dan kursi dapat diatur untuk berbagai skenario. Telah diuji coba, ruangan tersebut cukup untuk menampung sebanyak 40-an mahasiswa dalam skenario kelas dan 3 grup dalam skenario group meeting. Ruangan tersebut juga bisa difungsikan dengan konsep open space, yaitu dengan mengosongkan ruangan dari kursi serta meja.

“Tujuannya adalah untuk mengakomodari berbagai kepentingan, jadi bisa untuk kelas ataupun meeting,” ujar Ridho.

Ruangan lab tersebut dilengkapi dengan laptop untuk setiap kursi yang bisa digunakan ketika kegiatan kuliah berlangsung, serta sebuah smartboard yang memudahkan penyampaian materi kepada mahasiswa.

Ridho menambahkan, fasilitas yang tersedia di TF UII saat ini sudah sangat baik sekali, dirinya berharap bahwa dengan perkembangan tersebut, para mahasiswa juga dapat mengimbangi dengan prestasi serta karya-karya yang bermanfaat.