,

Ridho Rahmadi, Doktor Baru Di Teknik Informatika

Doktor Ridho Rahmadi

Di tahun 2019 ini, bertambah satu dosen Jurusan Teknik Informatika UII yang mendapat gelar doktor yaitu Bapak Ridho Rahmadi, S.Kom., M.Sc, Ph.D.  Beliau mendapatkan gelar doktor di Radboud University, salah satu universitas di Nijmegen, Netherlands. Dengan begitu total jumlah dosen Teknik Informatika yang bergelar doktor sudah berjumlah 7 dosen dan akan semakin bertambah di waktu dekat ini.

Perjalanan Pendidikan Pak Ridho

Pak Ridho memulai program doktor pada tahun 2013, tidak lama setelah beliau lulus dari program master di Johannes Kepler University dan Czech Technical University.  Juga disebutkan bahwa sebelum lulus dari program masternya, sudah terjalin komunikasi dengan beberapa profesor mengenai proyek ke depannya. Hingga akhirnya tepat 14 Agustus 2013 beliau berangkat ke Belanda untuk menempuh studi doktornya

Beliau bercerita bahwa waktu efektif dalam menyelesaikan programnya sekitar 4 ½ tahun. Namun, beliau melakukan berbagai kegiatan. Di tahun 2017, Pak Ridho melakukan visiting riset di Amerika selama 5-6 bulan dan juga kembali ke Indonesia. Maka, total waktu yang ditempuh selama kurang lebih 6 tahun. Pak Ridho mengatakan bahwa di tahun awal-awal memang intense dalam pendidikannya. Namun, di akhir tahun bisa melakukan kegiatan di luar meskipun masih adanya bimbingan dengan sang pembimbing.

Proyek yang beliau lakukan merupakan proyek Uni-Eropa. Setiap tahunnya, proyek ini melakukan assembly meeting bersama rekan-rekan lainnya dari 4 negara yaitu Belanda, UK, Prancis, dan Jerman. Selain masing-masing perwakilan negara melakukan presentasi, di sini juga menjadi tempat untuk bertemu profesor-profesor lainnya dari medis yang berhubungan dengan riset yang dilakukan Pak Ridho.

Finding Stable Causal Structures From Clinical Data

Pada program doktornya di bidang data science, machine learning ini, pak Ridho melakukan riset yang berjudul “Finding Stable Causal Structures From Clinical Data”. Penelitian ini bertujuan untuk membangun metode algoritma untuk memodelkan hubungan sebab-akibat / causal model. Penelitian ini dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan dalam menggunakan model (SEM) Structural Equation Model. SEM adalah model yang mempresentasikan hubungan sebab-akibat antara variabel. Permasalahannya adalah kemungkinan yang muncul pada SEM akan sangat banyak dan proses untuk estimasi model dikenal sulit dan tidak stabil.

Inisiasi Program Studi Sains Data

Dengan selesainya masa studi formal yang telah ditempuh oleh Pak Ridho, beliau menyampaikan bahwa saat ini selain mengejar untuk publikasi-publikasi beliau juga akan berfokus menginisiasi Data Science di UII bersama dengan teman-teman yang lain untuk membesarkan atmosphere tersebut. Sebab di dunia Computer Science kali ini, Data Science-lah yang sedang ramai. Ditambah semakin ke sini data digital semakin banyak sehingga kebutuhan Data Scientist di luar sana juga semakin meninggi.

Untuk lebih detail mengenai riset yang dilakukan Pak Ridho dapat dilihat di Press Release di bawah ini.

 
2 replies
  1. Anonymous
    Anonymous says:

    Ini putra ke dua kanda Almahum Zaruddin dosen FH UII asal Tanjung Batu OKI almarhum sering main di KBOKI dulu !!!

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *