Layanan IT

Universitas Islam Indonesia menyediakan beberapa layanan yang bisa dipergunakan oleh seluruh mahasiswa.

UIIGateway merupakan sistem informasi terintegrasi yang ada di lingkungan Universitas Islam Indonesia. UIIGateway memuat sistem informasi dari berbagai macam domain di UII seperti akademik, keuangan, sumber daya manusia, dan sebagainya. Nama “UIIGateway” merupakan nama yang dipilih dengan menggabungkan dua nama, yaitu Universitas Islam Indonesia (UII) dan Gateway. Nama UII menunjukkan identitas nama universitas. Sedangkan istilah gateway memiliki makna pintu gerbang dalam bahasa Indonesia. Oleh karena itu, nama UIIGateway menggambarkan pintu gerbang masuk bagi warga UII untuk mendapatkan layanan-layanan sistem informasi di lingkungan UII.

UIIGateway dapat diakses melalui alamat gateway.uii.ac.id  dan untuk login kehalaman UIIGateway menggunakan login SSO UII

Daftar layanan UIIGateway untuk mahasiswa:

  1. UIIAkademik [video tutorial]
  2. UIIRAS [video tutorial]
  3. UIIPerkuliahan – Presensi QRCode [video tutorial] [manual panduan]
  4. UIITagihan [video tutorial]
  5. UIITagihan – Pengajuan bantuan potongan pembayaran [manual panduan]
  6. UIIBeasiswa [manual panduan]
  7. UIILayanan [video tutorial]
  8. UIILapor [video tutorial] [manual panduan]
  9. UIIKKN [video tutorial]
  10. UIISKP [video tutorial]
  11. UIISurvei
  12. UIIMBKM

Daftar layanan Google Edu UII :

  1. Google Mail : Aktifkan Gmail UII untuk menggunakan fasilitas surel resmi di Universitas Islam Indonesia
  2. Google Drive : Buat, simpan, dan bagikan berbagai dokumen, video, dan foto secara daring dengan aplikasi Google Drive.
  3. Google Classroom : Manfaatkan fasilitas pembelajaran daring untuk mendukung kegiatan perkuliahan di UII.
  4. Google Calendar : Atur jadwal dan pengingat untuk kegiatan perkuliahan dan berbagai aktivitas lainnya.

Panduan penggunaan Google Edu UII :

Microsoft Campus Agreement adalah program lisensi tahunan yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dari institusi perguruan tinggi. Microsoft Campus Agreement memungkinkan perguruan tinggi untuk mengikuti perkembangan teknologi walaupun didukung dengan keuangan yang terbatas. Dengan fasilitas ini maka lisensi microsoft dapat dinikmati oleh civitas akademika UII baik dosen dan mahasiswa.

Untuk master installasi dapat diunduh pada tautan di bawah ini dan silahkan untuk melakukan installasi sendiri pada device anda. Kami tidak melayani proses installasi, kami hanya melayani proses aktivasi software.

Khusus untuk mahasiswa aktif (mulai tahun 2021) mendapatkan lisensi Office 365 dengan mengajukan dan mengisi formulir di uii.id/LisensiMicrosoft atau dapat juga datang langsun ke ITSupport/ Sekretariat BSI gedung Rektorat UII lantai 4 dengan membawa KTM sebagai tanda bukti Anda sebagai mahasiswa

Lisensi Windows ini hanya digunakan untuk keperluan Edukasi (dosen dan mahasiswa D3 dan S1), bukan untuk kegiatan Bisnis dan Komersil.

Jika ada pertanyaan silakan mengirimkan surel ke: [email protected] dengan menggunakan alamat surel UII anda. Jika ada kesulitan untuk menggunakan surel UII silahkan kunjungi tautan berikut Panduan Gmail UII.

Untuk tata cara mengaktifkan lisensi Office 365 silahkan ikuti panduan pada link Panduan lisensi

Portal FIT adalah Sistem Informasi milik Fakultas Teknologi Industri UII yang memudahkan mahasiswa untuk mengakses beberapa layanan secara online. Di Portal FIT mahasiswa bisa melihat nilai, melihat jadwal ujian, mengajukan surat izin. Portal FIT dapat diakses melalui tautan berikut.

Catatan : Mahasiswa harus login menggunakan akun UII agar bisa mengakses layanan di Portal FIT

Panopto adalah perangkat lunak yang digunakan sebagai sarana perekaman kuliah, screencasting, streaming video, dan manajemen konten video, yang sering digunakan dalam dalam pembelajaran daring. UII sudah mengintegrasikan akun dosen dan mahasiswa sehingga bisa mengoptimalkan penggunaan panopto. Dosen bisa melihat akun mahasiswa yang mengakses video pada panopto, tingkat engagement mahasiswa pada video, statistik lain, dan bisa menyisipkan quiz pada video tersebut.
Tutorial penggunaan panopto bisa akses melalui Panduan Panopto.

Zoom adalah Sebuah layanan konferensi video berbasiskan cloud computing. Aplikasi ini mengizinkan anda untuk bertemu dengan orang lain secara virtual, baik itu dengan panggilan video, suara, atau keduanya. Menariknya, semua percakapan via Zoom bisa direkam untuk dilihat lagi nantinya. Di UII sendiri Zoom digunakan untuk mendukung proses kuliah dan meeting secara daring.

Berikut ini manual panduan penggunaan aplikasi Zoom :

  1. Panduan login Zoom UII
  2. Panduan penggunaan Zoom – Sebagai Host
  3. Panduan penggunaan Zoom – Sebagai Peserta
  4. Panduan Report Participant Meeting

UIIPrint adalah layanan terbaru berbantuan teknologi informasi yang memungkinkan mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan untuk melayani diri sendiri untuk mencetak (print), memindai (scan), dan memfotokopi (photocopy) dokumen.

Layanan UIIPrint ini tersedia di seluruh kampus Universitas Islam Indonesia, yang terkoneksi dengan akun UII. Untuk akses ke mesin dilakukan dengan memasukan username dan password akun UII dan juga dapat dilakukan dengan menempelkan Kartu Mahasiswa dan Kartu Pegawai UII yang sudah diregister ke mesin UIIPrint.

Dengan sekali mengirimkan dokumen ke mesin, pengguna dapat melakukan pencetakan dari semua mesin yang tersebar. Untuk menjaga keberlangsungan layanan, mahasiswa diminta mengganti biaya operasional cetak (tinta dan kertas).

Panduan UII Print