Aktivitas Kemahasiswaan

Untuk menambah pengalaman dalam bekerja secara tim, mahasiswa bisa mengikuti beberapa organisasi mahasiswa baik di lingkungan jurusan, fakultas, maupun universitas. Terdapat lima wadah belajar keorganisasian di tingkat jurusan, yakni: himpunan mahasiswa informatika (HMTF), asisten mandiri, asisten laboratorium, unit kegiatan mahasiswa (UKM), dan student staff.

HMTF

HMTF beranggotakan mahasiswa-mahasiswa internal Jurusan Informatika dari beragam angkatan. HMTF menganut sistem students government.

Asisten Mandiri

Asisten mandiri adalah sebutan untuk mahasiswa yang membantu dosen mata kuliah dengan penugasan terstruktur. Mata kuliah dengan penugasan terstruktur adalah mata kuliah berbobot 3 SKS atau lebih yang membutuhkan latihan khusus terkait dengan pemrograman atau hitung matematis. Asisten mandiri bertugas untuk membantu dosen pengampu mata kuliah, dalam bentuk:

  • membantu dosen dalam mengevaluasi tugas kuliah
  • membantu mahasiswa untuk memahami materi kuliah dalam bentuk asistensi.
  • membantu mahasiswa untuk memahami materi kuliah dalam bentuk pendalaman
    materi di laboratorium.

Syarat umum untuk menjadi asisten mandiri adalah memiliki IPK minimal 3,00 dan telah
duduk di semester tiga, dan memiliki nilai A untuk mata kuliah prasyarat. Rekrutmen asisten
mandiri dilakukan pada setiap awal semester.

Asisten Laboratorium

Saat ini, Jurusan Informatika memiliki 5 laboratorium yang berlokasi di Lab. Terpadu Informatika. Setiap laboratorium dipimpin oleh Kepala Laboratorium (Kalab). Dalam pengelolaan lab sehari-hari, Kalab dibantu oleh laboran dan asisten. Jabatan laboran dipegang oleh pegawai, sedangkan asisten lab adalah mahasiswa-mahasiswa Informatika yang telah terpilih melalui rekrutmen. Rekrutmen asisten dilakukan setiap awal tahun akademik (sekitar bulan Mei). Informasi tentang rekrutmen bisa dilihat secara online di website jurusan maupun secara offline (pengumuman tempel) di lingkungan FTI. Tugas asisten secara umum adalah:

  • Mempersiapkan dan membantu pelaksanaan praktikum.
  • Membantu para praktikan memahami materi praktikum,
  • Maintenance sumber daya lab (terutama server dan komputer klien).

Unit Kegiatan Mahasiswa

Unit kegiatan mahasiswa (UKM) merupakan wadah atau tempat bagi mahasiswa-mahasiswa yang ingin mengembangkan minat dan bakatnya di bidang ke-informatika-an. UKM berperan sebagai sarana untuk berkumpul, bertukar pikiran, mengembangkan kreativitas, melakukan riset sederhana dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Setiap UKM akan dibimbing oleh seorang dosen yang memiliki kompetensi sesuai dengan bidangnya. Tiap UKM memiliki nama unik dan dibimbing oleh seorang dosen yang kompeten. Cek daftar UKM Informatika UII di link ini.

Informatics Student Staff

Informatics Student Staff merupakan staff jurusan dari mahasiswa S1 yang bekerja secara profesional, part-time sekitar 20 jam per minggu, dengan koordinator langsung dari dosen jurusan. Terdapat tiga divisi, yaitu:

  1. Divisi Event Organizer; membantu mengelola kegiatan jurusan
  2. Divisi Digital Marketing & Communication; meliput dan mendokumentasikan kegiatan, editing foto dan video, mengelola website dan media sosial resmi jurusan
  3. Divisi Programmer; mengembangkan aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan di jurusan

Kontrak Informatics Student Staff berjalan enam bulan dan akan diperpanjang sesuai kesepakatan jurusan dan staf. Rekrutmen Student Staff dilakukan setahun dua kali, yaitu di bulan Desember untuk kontrak kerja Januari-Juni dan bulan Juni untuk kontrak kerja Juli-Desember.

Info Mengenai Mahasiswa Informatika UII

Susun Rencana Perjalanan dengan Plesiran Biar Wisata gak Keteteran!

Assalamualaikum Sobat Informatika! Kamu termasuk orang-orang yang kurang bisa mengatur rencana wisata gak, nih? Biasanya ya, kalau rencana perjalanan gak diatur dengan baik, yang ada malah keteteran, over budget, atau bahkan gagal wisata karena kurang tau tempat-tempat menarik untuk dikunjungi. Kesal ya pasti kalau sampai kejadian. Nah, aplikasi bernama Plesiran dari kelompok Pejuang Lulus dari […]

Sulit Cari Jasa Tukang? Tukangku Siap Jadi Solusi!

Assalamualaikum Sobat Informatika! Seperti sektor-sektor lainnya, sektor pembangunan juga terdampak oleh pandemi terutama bagi para tukang yang kesulitan mencari pekerjaan. Bukan hanya tukang, kita pun sebagai konsumen juga jadi sulit cari jasa tukang yang berkualitas. Dari keresahan ini, kelompok Ryzen dari mata kuliah Pemikiran Desain menawarkan sebuah solusi berupa rancangan aplikasi yang diberi nama Tukangku. […]

LaundryDong, Aplikasi yang Membantu Para Pemilik Laundry

Assalamualaikum Sobat Informatika! Anak kos mana sih yang gak butuh laundry? Selain membantu kita para mahasiswa, usaha-usaha laundry juga sangat berpengaruh dalam roda perekonomian masyarakat. Nah, untuk membantu usaha laundry skala kecil hingga besar yang ada, Aulia Maulana Rizqi dan Tezar Irawan yang tergabung dalam kelompok C.5 dari mata kuliah Pengembangan Aplikasi Berbasis Web membuat […]

Kecanggihan Komputer Deteksi Penyakit Malaria

Siapa dari kamu yang pernah terjangkit malaria? Buat kamu yang belum tahu, malaria merupakan penyakit yang menular melalui gigitan nyamuk. Penyakit ini disebabkan oleh parasit bertipe Plasmodium yang terdapat di tubuh si nyamuk yang menjadi inang. Malaria bisa disembuhkan secara total, kok. Namun, bila tidak ditangani secara tepat, alih-alih sembuh, malaria bisa menyebabkan anemia berat, […]

Deteksi Cyberbullying di Twitter, Emang Bisa?

Siapa, sih, yang nggak tahu Twitter? Bahkan mungkin salah satu dari kalian merupakan pengguna aktif Twitter. Berdasarkan data yang dilansir dari kominfo.go.id, jumlah pengguna Twitter di Indonesia mencapai 19,5 juta orang dan menempati peringkat 5 tertinggi di dunia. Namun, banyaknya pengguna aktif di Twitter tidak jarang menimbulkan tindakan negatif, terutama cyberbullying. As we know, cyberbullying […]

Pentingnya Pembaruan Aplikasi di Kalangan Pengguna Smartphone

Geraldy Yusuf Pralampita menjadi salah satu peraih best paper dalam Kolokium 2020 lalu. Bersama Bapak Ahmad Raf’ie Pratama, S.T., MIT., Ph.D., Mas Geraldy mengangkat sebuah makalah dengan judul Analisis Kesadaran Pembaruan Aplikasi di Smartphone dengan Model KAB. Seperti yang kita tahu, smartphone telah menjadi alat yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Cepatnya kemajuan teknologi membuat developer […]