Selamat Datang Mahasiswa Baru Informatika UII 2020
Prodi Sarjana Informatika UII Mitigasi Covid 19
informatics-uii-expo-header
Informatika Akreditasi A

Program Studi Informatika – Program Sarjana

Kurikulum 2020

Mulai Tahun Akademik 2020/2021, Program Studi menjalankan kurikulum terbaru, yakni Kurikulum 2020. Kurikulum ini menerapkan sepenuhnya kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 3 Tahun 2020. Mahasiswa dapat menempuh sejumlah mata kuliah di luar program studi, baik di lingkungan UII atau bahkan di Perguruan Tinggi lain, di dalam negeri maupun di luar negeri.

Kurikulum ini merupakan penyempurnaan dari kurikulum kami sebelumnya, yakni Kurikulum 2016. Ciri utama Kurikulum 2016 tetap dipertahankan di Kurikulum 2020, yakni pembelajaran berbasis proyek, integrasi proyek antar mata kuliah, dan penjaluran Tugas Akhir di tahun keempat (Jalur Penelitian, Pengabdian Masyarakat, Perintisan Bisnis, Magang, dan Kuliah di Luar Negeri).

Fokus pembelajaran pada tahun keempat lebih difokuskan kepada pilar (1) pembelajaran untuk hidup bersama (learning to live together) dan (2) pembelajaran untuk menjadi (learning to be). Karena itulah, mahasiswa diberi kesempatan untuk bersinggungan langsung dengan masyarakat, tempat mereka nantinya berkontribusi.

Pada tahun keempat, terdapat lima jalur untuk dipilih. Kelima jalur ini dipilih untuk mengakomodasi preferensi mahasiswa yang berbeda. Pendekatan pada kelima jalur ini didesain untuk menajamkan pemenuhan capaian pembelajaran.

icon penelitian

Jalur Penelitian

icon perintisan bisnis

Jalur Perintisan Bisnis

icon magang

Jalur Magang

icon pengabdian masyarakat

Jalur Pengabdian Masyarakat

icon kuliah di luar negeri

Jalur Kuliah di Luar Negeri

Program Studi Informatika – Program Sarjana bertekad menghasilkan pemungkin solusi dengan keterampilan yang mumpuni sebagai analis sistem, desainer, dan pengembang solusi teknologi informasi, dengan dukungan kualitas pribadi yang siap menjadi pemimpin berbasis nilai, entrepreneur, dan pembelajar sepanjang hayat.

Istilah ‘entrepreneur’ di atas tidak diartikan secara sempit sebagai wirausaha, tetapi lebih sebagai orang dengan entrepreneurial mindset, seperti terbuka dengan ide, inovatif, berani mengambil risiko/menghadapi ketidakpastian, mempunyai daya juang tinggi (pantang menyerah).

Diagram Informatika UII IT Solution Enabler
Follow a manual added linkFollow a manual added link