privasi adalah segalanya
Artikel ini merupakan Pemenang Kompetisi Menulis Artikel Web Informatika UII 2020 - Periode 2

Halo Sobat Informatika, kali ini saya ingin berbagi cerita tentang keamanan data.
Menurut kalian, penting tidak mengamankan data pribadi kita di dunia maya?

Kalau bagi saya, privasi adalah segalanya. Ini penting banget, karena data kita adalah sebuah privasi yang harus kita jaga, termasuk menjaga data pribadi dari pacar kita. Mungkin Sobat informatika yang sedang memiliki pasangan saling bertukar password akun media sosial pasangannya. Wah itu bahaya loh sobat! Tahu tidak kenapa bahaya buat sobat? Kalau menurut saya, misal kita sudah tidak bersamanya, bisa saja akun kita disalahgunakan untuk hal yang tidak baik. Atau bisa saja handphone pasangan kita dipinjam temannya dan temannya iseng dengan akun kita tersebut. Sangat merugikan kita banget, kan, Sobat?

Ada banyak hal yang bisa mengakibatkan data kita bocor di dunia maya, Sobat. Contoh lainnya bisa terjadi karena kita mengakses sebuah website dan kita mengklik dengan sembarangan. Maka, bisa saja peretas (hacker) diam-diam memasang virus trojan yang bisa mengambil data penting kita tanpa sepengetahuan kita. Wah, saya sih tidak ingin itu terjadi pada saya dan kalian. Maka dari itu, sangat penting bagi kita paham dan peduli dengan keamanan data yang kita miliki. Yuk Sobat Informatika tercinta, simak tips-tips menjaga keamanan data pribadi dari kejahatan dunia maya.

Mengaktifkan Two-Factor Authentication

Menurut saya, ini salah satu fitur yang penting untuk diaktifkan di handphone maupun di setiap aplikasi yang kita miliki, Sobat. Agar kita terhindar dari orang-orang iseng yang ingin mengakses secara diam-diam akun sosial media Sobat maupun aplikasi yang lainnya. Dengan Two-Factor Authentication, Sobat bisa lebih merasa aman dari orang-orang iseng karena sobat telah mengaktifkan pengamanan ganda.

Mengupdate pembaharuan handphone secara berkala

Nah, ini fitur gratis dari vendor ponsel yang kita gunakan masing-masing, Sobat. Secara berkala, suatu vendor handphone akan melakukan update terhadap OS maupun sistem keamanan yang berlaku di handpone kita. Kita juga diharapkan meng-update setiap aplikasi yang ter-install di handphone Sobat. Dengan kita melakukan update ini, setidaknya ponsel kita mendapatkan update dari sisi software yang berjalan di handphone kita.

Gunakan password yang unik

Hayo, siapa Sobat Informatika yang menggunakan password di setiap aplikasinya menggunakan nama pribadi ditambah tanggal lahir? Atau menggunakan password 123456789 agar mudah terhafal? Pasti banyak yang masih menggunakan password dengan pola demikian, termasuk beberapa Sobat Informatika. Nah, ini sangat berbahaya, lho, Sobat, karena password dengan kombinasi itu sangat mudah ditebak oleh orang lain. Saya sarankan kombinasikan angka dan huruf untuk mendapatkan password yang aman. Bisa saja Sobat menggunakan nama tetangga atau ibu kost Sobat, asal ingat saja password-nya. Hanya bercanda saja, Sobat.

Melakukan backup teratur

Untuk yang terakhir ini, saya sangat sarankan buat Sobat. Karena bagi saya data pribadi itu sangat berharga, saya harap Sobat berpikiran yang sama. Maka dari itu, ada baiknya kita melakukan backup data kita. Bisa kita lakukan dengan backup melalui cloud, agar jika sewaktu-waktu handphone kita hilang atau terkena tangan jail, Sobat Informatika tidak akan sepenuhnya kehilangan data tersebut, karena sudah menyimpannya dalam cloud.

Privasi Adalah Segalanya

Nah, itu beberapa tips-tips dari saya buat Sobat. Mulai dari sekarang dan selamanya, tanamkan pada pribadi Sobat untuk lebih sadar tentang keamanan data karena “privacy is everything”. Sobat Informatika harus melek dengan keamanan data ya.

Penulis: Arjun Zakari Yahya
Mahasiswa Magister Informatika – Konsentrasi Forensika Digital
Agustus, 2020