Setiap hari Sabtu selama 29 Agustus – 19 September lalu, Magister Informatika kembali menyelenggarakan webinar series. Kali ini, webinar bertema “Bersama Alumni Berbagi Inspirasi”. Webinar yang dilaksanakan melalui Zoom Meeting ini merupakan kelanjutan dari webinar series yang telah terlaksana selama bulan Juli lalu.

Webinar “Bersama Alumni Berbagi Inspirasi” memiliki tema yang berbeda di tiap pekannya. Tiap tema merupakan gambaran bidang riset unggulan Magister Informatika UII. Rangkaian webinar ini bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi antara prodi dengan alumni untuk mendiseminasi ilmu pengetahuan yang dimiliki agar bisa disebarkan kepada masyarakat luas. 

Webinar Series "Bersama Alumni Berbagi Inspirasi"

Bapak Dhomas Hatta Fudholi

Webinar pertama dilaksanakan pada 29 Agustus 2020 dengan materi Sains Data. Materi dibawakan oleh Bapak Dhomas Hatta Fudholi, Ph.D. sebagai pembicara kunci dari Universitas Islam Indonesia dengan judul “Seeing the Unseen in Data”. Pembicara kedua, yaitu Bapak Lalu Mutawalli, S.Kom., M.Kom. dari STMIK Lombok dengan judul “Sistem Audit Clinical Pathway Berbasis Ontology”. Webinar dimoderatori oleh Syaiful Hendra, S.Kom., M.Kom. dari Universitas Tadulako.

Webinar Series "Bersama Alumni Berbagi Inspirasi"

Bapak Fathul Wahid

Webinar kedua dilaksanakan pada 5 September 2020 dengan materi Sistem Informasi Enterprise. Webinar mengundang Prof. Fathul Wahid, Ph.D. sebagai pembicara kunci dengan judul “Memanen Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pembangunan”. Selain itu, untuk pembicara kedua, yaitu Bapak Alfyanda, S.Kom., M.Kom. dari Universitas Islam Indonesia dengan judul “Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pembangunan – Studi Kasus: Kampung Cyber Jogja”. Sebagai moderator, yaitu Bapak Qammadin, S.Kom., M.Kom. dari Universitas Sembilanbelas November Kolaka.

Webinar Series "Bersama Alumni Berbagi Inspirasi"

Bapak Mukhamad Andri Setiawan

Webinar ketiga dilaksanakan pada 12 September 2020 dan mengangkat materi Forensika Digital. Materi dibawakan oleh Dr. Mukhamad Andri Setiawan sebagai pembicara kunci dari Universitas Islam Indonesia dengan judul “Strategi Keamanan Siber Pasca Covid-19”. Pembicara kedua, yaitu Bapak Mohammad Faruq Afif, S.Pd., M.Kom. dari Universitas Sebelas Maret dengan judul “Adaptasi Cyber Security Awareness di Perguruan Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19”. Webinar dimoderatori oleh Yeni Dwi Rahayu, S.ST., M.Kom. dari Universitas Muhammadiyah Jember.

Webinar Series "Bersama Alumni Berbagi Inspirasi"

Ibu Izzati Muhimmah

Webinar keempat, yakni webinar terakhir, dilaksanakan pada 19 September 2020 dan mengangkat materi Informatika Medis, guys. Webinar dibawakan oleh Ibu Izzati Muhimmah, Ph.D. selaku pembicara kunci dengan judul “Analisis Citra Medis untuk Mendukung Diagnosis”. Sebagai pembicara kedua, yakni Bapak Khairul Hafidh, S.T.,  M.Kom. dari Universitas Islam Indonesia dengan judul “Pemodelan Sistem Analisis Dipstik Urinalisis Menggunakan Kamera Smartphone”. Agenda dimoderatori oleh Ibu Ause Labellapansa, S.Kom., M.Kom. dari Universitas Islam Riau.

Alhamdulillah, rangkaian panjang webinar selama empat hari selama Agustus-September telah terlaksana. Ke depannya, diharapkan prodi dan alumni dapat terus berkontribusi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan sehingga dapat bermanfaat.