Randy varianda

Hai IT Solution Enabler! Kalian ada yang cita-cita pengen kerja di industri tech? Kebetulan banget nih, Minfor mau bagiin cerita dari salah satu alumni kita yang bekerja di salah satu Unicorn Indonesia, Tokopedia Siapa ya? Yuk, kenalan dulu sama Mas Randy Varianda. Beliau adalah alumni Informatika UII yang sekarang bekerja sebagai User Interface Designer di Tokopedia. Kira-kira seperti apa ya perjalanannya sampai bisa kerja di sana?

Mas Randy memulai karirnya sebagai UI/UX designer di Qasir.id. Di sana, Randy mengembangkan hard skill dan soft skill sebagai desainer selama 3 tahun sebelum akhirnya memutuskan resign. Setelah itu, mulai deh perjalanan karirnya di Tokopedia. Wah mulus banget karirnya? Gak dong! Mas Randy sempat ditolak berkali-kali sebelum akhirnya diterima, lho~

Nah, kalau kultur kerja di sana pada penasaran gak? Kata Mas Randy, tim product design Tokopedia sangat terstruktur dan terbagi dari berbagai role tim desainer, seperti UI, UX, UX Writer, dan UX Researcher. Kolaborasi antara tim Product Manager, Tech, dan Bisnis juga sangat suportif. Di sana, tiap bulan rutin ngadain Townhall buat update kerja masing-masing tim, sekaligus sharing dan seru-seruan!

Terus, kira-kira apa syarat utama untuk bisa kerja di Tokopedia?
“Harus punya 3 DNA ini: focus on consumer, growth mindset, make it happen & make it better. Apa sih itu? Bisa cek disini ya https://www.tokopedia.com/careers/.”, jawab Mas Randy.

 

Nah, terakhir beliau berpesan untuk mempersiapkan portofolio sebagus mungkin jika mau bekerja di industri tech seperti dirinya.


“Secara gampangnya di portofolio itu berisi cerita proses desain dari projek yang kamu kerjakan. Jadi bisa kamu ceritakan kenapa kamu akhirnya memutuskan untuk desainnya seperti ini, kenapa pake component desain ini, saat melakukan eksplorasi desain kenapa akhirnya kamu memutuskan untuk pakai desain yang ini, dsb nya. intinya kita pengen tau gimana proses kamu saat melakukan sebuah desain, gak cuman ngasih liat hasil desainnya aja.”

 

Nah, gimana sudah puas belum sama cerita dari Mas Randy Varianda? Tunggu cerita-cerita lainnya dari alumni kita yang gokil semua ya!