Faiq Dhimas Wicaksono, Wisudawan Terbaik Periode 1 Tahun Akademik 2022/2023

Yuk, kepoin wisudawan terbaik dengan IPK tertinggi di Wisuda Periode I Tahun Akademik 2022/2023! Faiq Dhimas Wicaksono atau sering disapa Faiq ini lulus dari Program Studi Informatika Program Sarjana dengan IPK 3,95. Keren banget, ya!

Selama berkuliah di Informatika UII, Faiq bukan hanya berfokus di akademik saja, tetapi juga mengikuti beberapa kegiatan lho! Ia menghabiskan waktu menjadi asisten laboratorium Informatika, asisten dosen, koordinator Divisi Pemrograman UNISI Robotic, serta ketua dari Programming Study Club (PSC).

Pada tahun keempat, Faiq memilih jalur magang sebagai tugas akhir. Selama 6 bulan, ia magang di perusahaan E-Commerce yang sudah tidak asing lagi bagi kita, yaitu PT Tokopedia. Faiq memilih magang di sana karena memang sesuai dengan bidang yang ia cari, memiliki peluang networking yang luas, serta kredibilitasnya sudah jelas. Nah, bukan hanya itu saja. Menurutnya, dengan mengambil jalur magang ini, ia memiliki banyak pengalaman dimana hal itu menjadi bekal untuk persiapan menapaki karier selanjutnya.

Ssst, tahu nggak sih? Setelah masa magang itu, kontrak kerjanya di Tokopedia diperpanjang lagi selama 6 bulan lagi lho! Akhirnya, setelah pendadaran Faiq diangkat menjadi pegawai tetap disana. Saat ini ia bekerja sebagai Test Engineering Productivity di bidang Software Engineer.

Oh iya, untuk laporan akhir jalur magang ini, ia memilih “Rancang Bangun Automation Test Journey pada E-commerce” sebagai judul karya tulis ilmiahnya. Laporan ini membahas tentang implementasi metode pengujian otomatis yang tepat supaya dapat mempercepat proses end-to-end testing dengan hasil pengujian yang lebih akurat dan scalable.

Setiap orang pasti memiliki kesulitannya masing-masing. Hal ini juga tidak luput Faiq rasakan kala mengerjakan tugas akhir. Kesulitan yang paling ia rasakan adalah manajemen waktu, karena selain harus fokus magang, ia juga harus fokus ke tugas akhir yang hampir selesai. Baginya, penting untuk selalu membuat skala prioritas dan to-do list yang spesifik, serta mengalokasikan waktu dalam mengerjakan sesuatu beserta tenggat waktunya.

“Lingkungan perkuliahan mungkin melibatkan diskusi, debat, interaksi teman sebaya, dan pengalaman belajar bersama, tetapi penting bagi mahasiswa untuk mencari pengalaman baru dalam lingkungan yang lebih profesional dengan menerapkan dan mengembangkan konsep akademik yang sudah dipelajari sebelumnya,”

Terakhir, Faiq memberi pesan kepada mahasiswa lainnya untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat.

“Habiskan waktu kuliahmu dengan hal-hal yang bermanfaat. Sebagai anak infor, problem solving ability itu sangat penting, we need to understand things how it works, know the algorithm and the process, that’s the key point. Lalu jangan lupa investasikan yang terbaik pada diri kalian sendiri (soft skill and hard skill), the more you learn, the more you will earn