Sauqi Khatami, Wisudawan Terbaik Periode IV Tahun Akademik 2021/2022

Perkenalkan, wisudawan dengan IPK tertinggi periode IV Tahun Akademik 2021/2022, Muhammad Sauqi Khatami. Kali ini kita akan membahas secara singkat mengenai skripsi yang telah dibuat oleh Mas Sauqi. Judul skripsi beliau adalah “Deteksi Kendaraan Menggunakan Algoritma You Only Look Once (YOLO) v3.

Tema yang diangkat dalam penelitian ini adalah pendeteksian kendaraan. Dalam mendapatkan parameter jumlah kendaraan, pihak berwajib biasanya menggunakan perhitungan manual yang rentan akan kesalahan dan memakan banyak waktu serta tenaga. Berbagai macam alat pendeteksi dengan menggunakan deep learning dan sejenisnya juga sudah banyak dibuat, tetapi sering kali ditemukan masalah mengenai kurang bagusnya performa deteksi kendaraan pada kondisi lalu lintas yang ramai atau macet. Hal ini disebabkan karena berdempetannya kendaraan pada kondisi lalu lintas tersebut.

Berangkat dari permasalahan di atas, Mas Sauqi berusaha untuk membangun sebuah alat pendeteksi kendaraan otomatis dengan menerapkan algoritma You Only Look Once (YOLO) v3 dengan menerapkan dua skenario pelabelan dataset berdasarkan sudut pengambilan citra. Skenario satu adalah dengan melakukan pelabelan tanpa mempedulikan sudut pengambilan citra dan skenario dua adalah dengan melakukan pelabelan citra dengan mempedulikan sudut pengambilan citra (dari depan, kanan, kiri, dan separuh).

Setelah dilakukan proses pelabelan, akan diterapkan beberapa teknik augmentation pada train set yang telah dilabeli dengan tujuan untuk menambah variasi data yang akan digunakan untuk melatih jaringan deteksi kendaraan YOLO v3. Dengan bertambahnya variasi data yang digunakan, diharapkan dapat meningkatkan performa deteksi kendaraan jaringan yang akan dilatih.

Setelah melalui serangkaian proses pembangunan kemudian dilakukanlah proses pengujian. Dari hasil pengujian didapatkan rata-rata nilai performa jaringan di atas 70% yang menunjukkan bahwa jaringan ini mampu mendeteksi kendaraan dataset dengan baik.