Community Summit: IT Career Day 2022

Community Summit: IT Career Day 2022 sukses digelar pada hari Minggu, 11 Desember 2022 dengan tema “Level Up Your Career In Information Technology”. Acara yang bertempat di Ruangan Audiovisual FTI UII Universitas Islam Indonesia ini merupakan buah dari kolaborasi ITCentrum dengan Google Developer Student Clubs UII dan IBISMA UII.  

Terdiri dari dua mata acara utama, yaitu sesi seminar dan Lean Canvas Building Game. Acara ini menghadirkan tiga narasumber inspiratif yang berbagi insight mengenai pengalaman berkarir di bidang IT, di antaranya adalah Bapak Aryo Wirawan (Founder dan CEO Jala Tech), Ibu Rininta Hanum (Wakil Ketua IBISMA UII), dan Mas Giga Prakosa Hikmata (Engineering Manager Mamikos).

Rangkaian acara dibuka dengan sesi ice breaking dan pengenalan ITCentrum oleh para MC. Selanjutnya acara memasuki sesi seminar yang dibawakan oleh Bapak Aryo Wirawan dengan tema “Start and Develop Your Startup and the Journey In It”, dilanjutkan dengan penyampaian materi seminar kedua yang bertemakan “Women Can Make It Too In Tech” oleh Ibu Rininta Hanum. Terakhir, Mas Giga Prakosa Hikmata memaparkan materi seminarnya yang berjudul “Find Your Ideal Role In Tech”. Antusiasme para peserta mengenai materi seminar pun terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan pada sesi tanya jawab.

Tak hanya diisi dengan penyampaian materi saja, para peserta juga berkesempatan untuk mengasah ide, inovasi, dan kemampuan bekerja sama tim melalui sesi Lean Canvas Building Game. Sesi ini diawali dengan penjelasan mengenai apa itu Lean Canvas yang disampaikan oleh Bapak Aryo Wirawan, kemudian para peserta yang telah dikelompokkan menjadi beberapa tim diminta untuk mengisi lean canvas kelompok mereka masing-masing. Walau hari sudah siang, namun sesi ini tetap dipenuhi semangat para tim yang aktif berdiskusi mengenai ide-ide yang akan dibuat.

                             

Setelah pengerjaan selama satu setengah jam berlalu, saatnya tiap tim mengirimkan perwakilan untuk mempresentasikan hasil diskusi yang dituangkan dalam bentuk lean canvas kepada tim lain dan juri. Beragam inovasi menarik dicetuskan oleh para representatif tim, para juri dan tim lain pun terlihat dengan se ksama mendengarkan ide-ide tersebut. Serangkaian acara Community Summit ini pun resmi berakhir dengan penyerahan hadiah bagi pemenang Lean Canvas Building Game dan sesi dokumentasi dengan seluruh peserta.

Semoga acara ini dapat membangkitkan semangat teman-teman mahasiswa untuk terus mengeskplor karir di bidang IT, ya!