Amalan Sunah di Bulan Muharram

Penulis: Farras Rana Pradhana

Dalam rangka menyambut 1 Muharram 1445 H atau tahun baru Islam yang jatuh pada tanggal 19 Juli 2023, kita sebagai umat muslim seharusnya dapat menunjukkan rasa antusias yang lebih besar dibandingkan menyambut tahun baru Masehi. Bulan Muharram merupakan bulan pembuka dalam penanggalan tahun Islam (Hijriyyah). Sejarah 1 Muharram adalah tanda peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad saw. dari Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. 

Bulan Muharam, Bulan Mulia

Islam memiliki 12 bulan dalam satu tahun dan empat bulan di antaranya adalah bulan yang paling dimuliakan oleh Allah Swt. atau yang kerap disebut sebagai bulan haram. Hal itu tercantum dalam Surat At-Taubah ayat 36:

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ – ٣٦

Artinya: Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa. (QS. At-Taubah [36]: 9).

Adapun empat bulan haram (mulia) tersebut sebagaimana yang dijelaskan oleh at-Thabrani dalam tafsirnya, yaitu bulan Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Muharram adalah bulan yang dimuliakan bahkan sebelum datangnya Islam. Lafaz Muharram memiliki arti ‘dilarang’. Maksudnya adalah sebelum ajaran Islam datang, pada bulan ini terdapat larangan untuk melakukan perbuatan dzalim baik untuk diri sendiri maupun orang lain, seperti peperangan. 

Pahala yang Berlipat Ganda

Para ahli tafsir menjelaskan bahwa amalan ibadah selama bulan haram, pahalanya akan dilipatgandakan. Hal ini berlaku untuk amalan buruk di empat bulan haram tersebut juga akan dilipatgandakan. Hal tersebut dijelaskan oleh Ibnu Katsir dalam kitab Tafsir Ibnu Katsir yang menjelaskan, “Allah Swt. mengkhususkan empat bulan haram dari 12 bulan yang ada, bahkan menjadikannya mulia dan istimewa, juga melipatgandakan perbuatan dosa di samping melipatgandakan perbuatan baik.” Oleh karena itu, sebagai umat muslim kita harus menyambut 1 Muharram dengan penuh sukacita.

Amalan Sunah di Bulan Muharam

Salah satu cara untuk merayakan tahun baru Islam yaitu dengan melakukan amalan-amalan sunnah sesuai anjuran dari Nabi Muhammad saw. Beberapa amalan sunah yang dapat dilakukan di bulan Muharram antara lain:

1. Puasa

Puasa yang memiliki keutamaan selain puasa Ramadhan adalah puasa di bulan Muharram. Hal tersebut tercantum dalam hadis berikut ini:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ

Puasa yang paling afdhol setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah al-Muharram.” (HR. Muslim).

Keutamaan berpuasa di bulan Muharram yang dimaksudkan yaitu pada 9 (Tasu’a) dan 10 Muharram (Asyura). Hal ini tercantum dalam hadis riwayat Ibnu Abbas RA berikut:

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا: أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمَّا قَدِمَ الْمَدِينَةَ وَجَدَهُمْ يَصُومُونَ يَوْمًا يَعْنِي عَاشُورَاءَ فَقَالُوا هَذَا يَوْمٌ عَظِيمٌ وَهُوَ يَوْمٌ نَجَّى اللَّهُ فِيهِ مُوسَى وَأَغْرَقَ آلَ فِرْعَوْنَ فَصَامَ مُوسَى شُكْرًا لِلَّهِ فَقَالَ أَنَا أَوْلَى بِمُوسَى مِنْهُمْ فَصَامَهُ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ

Ketika Rasulullah SAW berpuasa pada hari ‘Asyura dan menyuruh para Sahabatnya juga berpuasa, maka mereka berkata, ”Wahai Rasulullah SAW, hari Asyura itu hari yang diagungkan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani.”

Maka Rasulullah SAW bersabda, “Kalau demikian, Insya Allah tahun depan kita berpuasa pada hari yang kesembilan.” (HR Muslim dan Abu Dawud).

Umat muslim dianjurkan berpuasa pada hari Tasu’a dan Asyura karena dapat menghapus dosa-dosa selama satu tahun yang lalu. Rasulullah SAW dalam hadis shahih yang diriwayatkan Imam Muslim dari sahabat Abu Qatadah menjelaskan:

عَنْ أَبِيْ قَتَادَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : سُئِلَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُوْرَاءَ. فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ. رواه مسلم

Sahabat Abu Qatadah Radliyallah ‘Anhu berkata, bahwa Rasulullah SAW ditanya tentang fadlilah atau keutamaan puasa pada hari ‘Asyura (10 Muharram). Kemudian beliau menjelaskan, bahwa puasa pada hari ‘Asyura itu dapat menghapus dosa-dosa setahun yang lalu“. (HR. Muslim).

2. Sedekah

Selain berpuasa, umat muslim juga dianjurkan untuk bersedekah pada hari Asyura karena kita dapat memperoleh pahala seperti melakukan puasa dan sedekah selama satu tahun. Hal ini tercantum dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Musa al-Madini meriwayatkan dari Ibnu Umar ra. sebagai berikut:

مَنْ صَامَ عَاشُوْرَاءَ فَكَأَنَّمَا صَامَ السَّنَةَ ، وَمَنْ تَصَدّقَ فِيْهِ كَانَ كَصَدَّقَةٍ السَّنَةِ

Barang siapa berpuasa pada hari Asyura seakan-akan seperti puasa satu tahun. Dan barangsiapa bersedekah pada hari Asyura maka seperti sedekah satu tahun.” (HR. Al-Bazzar).

3. Menambah Nafkah Keluarga

Selain berpuasa dan bersedekah, memberikan atau menambahkan nafkah untuk keluarga kita juga dianjurkan pada bulan Muharram terutama pada hari Asyura. Keluarga terdekat adalah pihak utama yang harus diperhatikan pada hari tersebut. Rasulullah saw. pun pernah berkata, Imam al-Thabrani dan Imam al-Baihaqi meriwayatkan dari Abu Sa’id al-Khudri:

مَنْ وَسَّعَ عَلَى عِيَالِهِ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ وَسَّعَ اللهُ عَلَيْهِ فِيْ سَنَتِهِ كُلِّهَا

Barang siapa memberi kelonggaran (nafkah) pada keluarganya pada hari Asyura, niscaya Allah akan memberikan kelonggaran (rezeki) kepadanya sepanjang tahun.” (HR At-Thabarani dan Al-Baihaqi).

Referensi

https://www.suara.com/news/2020/08/19/120252/penting-ini-3-makna-tahun-baru-islam-1-muharram-1442-h?page=1

https://mui.or.id/tanya-jawab-keislaman/muamalah/36989/sejarah-penanggalan-hijriyah-serta-kemuliaan-muharram-sebagai-awal-tahun-islam/

https://radarutara.disway.id/read/650840/5-amalan-sunnah-terbaik-di-bulan-muharram-salah-satunya-adalah-amalan-pembuka-pintu-rezeki/15