Salah satu kegiatan yang menutup rangkaian aktivitas akademik Jurusan Teknik Informatika (TF) Universitas Islam Indonesia (UII) semester ganjil 2018/2019 adalah penyelenggaraan acara Informatics Expo di Auditorium Kahar Muzakkir, Kampus Terpadu UII, Rabu (19/12).

Expo tersebut merupakan suatu ajang pameran proyek mahasiswa yang dikembangkan selama satu semester dalam lima mata kuliah yang berbeda. Masing-masing mata kuliah mata kuliah tersebut adalah Pemikiran Desain oleh mahasiswa angkatan 2018,  Pengembangan Aplikasi Berbasis Web serta Sistem Jaringan dan Komputer oleh mahasiswa angkatan 2017, dan Pengembangan Aplikasi Informatika Medis serta Pengembangan Aplikasi Bergerak oleh mahasiswa angkatan 2016.

Mahasiswa angkatan 2018 dengan mata kuliah Pemikiran Desain memamerkan purwarupa dari konsep aplikasi yang mereka kembangkan dengan berbagai macam tema yang diambil dari Sustainable Develompent Goals (SDG) rumusan PBB. Meski baru memamerkan konsep dan purwarupa, para mahasiswa yang baru pertama kali mengikuti Informatics Expo itu tampak tidak kalah antusias dari peserta-peserta lain yang sudah mengikuti acara yang sama sebanyak dua hingga tiga kali.

Sementara itu, mahasiswa angkatan 2017 membangun aplikasi berbasis website yang diimplementasikan pada jaringan yang dibuat pada proyek tersebut juga. Dan mahasiswa angkatan 2016, membuat aplikasi medis berbasis android.

 

Pameran ini melibatkan lebih dari 120 proyek, ratusan mahasiswa, serta menghadirkan ratusan pengunjung dari mahasiswa berbagai jurusan, dan para dosen yang tampak hadir di area pameran.

Selain pameran proyek para mahasiswa, Informatics Expo juga diisi dengan penawaran judul Tugas Akhir (TA) dari klaster Informatika Medis, dan Tech Talk dari klaster Jaringan dan Keamanan Komputer.

Pameran yang diselenggarakan sekali dalam satu tahun tersebut, kecuali dapat melatih para mahasiswa untuk dapat mempresentasikan hasil karyanya kepada konsumen, juga membuka ruang diskusi antar mahasiswa. Diharapkan, dengan acara semacam ini, pintu-pintu kreativitas dan semangat kolaborasi antar mahasiswa Informatika dapat tumbuh dan terbuka lebar.

Seluruh proyek yang dipamerkan di Informatics Expo dapat dilihat melalui situs http://informatics-expo.id/