Syarif Hidayat, Doktor Baru Informatika UII

Doktor Syarif Hidayat

 

Alhamdulillah, bertambah lagi dosen Informatika UII yang bergelar doktor, yaitu Dr. Syarif Hidayat, S.Kom, MIT. Beliau lulus ujian tertutup S3 Universitas Gadjah Mada pada 24 September 2019. Dengan diperolehnya gelar doktor oleh Pak Syarif Hidayat, kini dosen yang bergelar doktor di Informatika UII menjadi 9 orang.

Dosen Informatika UII yang akrab disapa Pak Syarif ini berhasil menemukan sistem pendeteksi jatuh yang dialami seseorang dengan cepat. Beliau melakukan riset yang diberi judul “Model Klasifikasi dengan Kompleksitas Rendah pada Sistem Deteksi Jatuh”. Riset ini mengembangkan tiga metode yang mampu menghasilkan model pengenalan pola yang lebih ringkas, yaitu: 

  1. Splitting Criteria Optimization (SCO), 
  2. Measured Tree Pruning (MTP), dan 
  3. Accuracy-Based Tree Clustering (ATC). 

Keuntungan yang didapat dari penelitian ini diantaranya program dapat dijalankan pada mesin berspesifikasi rendah, serta enggunaan energi menjadi lebih efisien sehingga daya tahan baterai perangkat lebih lama. Hasil penelitian ini diujikan pada sistem deteksi jatuh manusia yang diterapkan pada perangkat bergerak. Efisiensi yang dihasilkan dari metode penelitian ini membuat perangkat dapat digunakan lebih lama dengan tetap mempertahankan akurasinya. 

Metode ini diharapkan dapat diterapkan pada program pengenalan pola yang lain, seperti pengenalan wajah, sidik jari, suara, retina, dll. Selain itu, hasil penelitian ini dapat membuka peluang bagi program pengenalan pola untuk dipasang pada perangkat kecil dengan spesifikasi rendah.