Pelepasan Double Degree Avilia Kusumaputeri Nugroho

Program Studi Informatika – Program Sarjana UII telah menjalin kerjasama program double degree dengan beberapa perguruan tinggi di luar negeri, salah satunya dengan Youngsan University (YSU) Korea Selatan. Kerja sama program double degree dengan YSU telah berlangsung sejak tahun 2016. Sudah ada sekitar empat mahasiswa yang mengikuti program ini.

Peserta Double Degree di Youngsan University: Avilia

Di tahun akademik 2020 ini, bertambah satu mahasiswa yang akan mengikuti program ini. Alhamdulillah, pada hari Selasa, 1 September 2020, telah dilaksanakan acara pelepasan mahasiswa Program Studi Informatika Program Sarjana UII yang akan mengikuti program double degree di YSU. Acara ini berlangsung secara daring dan dihadiri oleh beberapa dosen Prodi Informatika UII serta peserta program double degree, yaitu Avilia Kusumaputeri Nugroho.

Pelepasan Double Degree Avilia Kusumaputeri Nugroho

Pelepasan Mahasiswa Double Degree ke Youngsan University Korea Selatan. Kiri-atas: Ketua Jurusan Informatika. Kanan-atas: Pengelola Double Degree S1 Informatika. Kiri-bawah: Avilia Kusumaputri N. Kanan-bawah: Ketua Prodi Informatika – Program Sarjana

Persiapan dan proses seleksi untuk mengikuti program double degree sudah dimulai sejak bulan Februari 2020. Mahasiswa yang ingin mengikuti program ini harus mengikuti seleksi dokumen maupun wawancara yang diselenggarakan oleh UII dan YSU. Meskipun terdapat beberapa hambatan selama proses seleksi dan persiapan dokumen, Alhamdulillah proses ini dapat dilewati dengan baik.

Avilia merupakan mahasiswa angkatan 2018 dan Insya Allah pada tanggal 3 September 2020 akan berangkat ke Korea Selatan. Korea Selatan merupakan salah satu negara yang sudah membuka border di masa pandemi sehingga mahasiswa yang akan belajar di sana diperkenankan untuk memasuki wilayah negara. Bisa dibilang, penanganan kasus pandemi Covid19 di Korea Selatan cukup baik. Insya Allah mahasiswa akan aman saat berada di sana.

Pesan Ketua Jurusan Informatika

Dalam acara pelepasan, Bapak Hendrik, M.Eng. selaku Ketua Jurusan Informatika berpesan agar mahasiswa dapat menjaga nama baik serta jangan ragu mengasah kemampuan dirinya. Di Korea Selatan, terdapat banyak kesempatan bagi para pelajar untuk mengembangkan diri, seperti belajar bahasa, belajar kebudayaan, maupun kesempatan untuk menjalani kerja part time jika dapat membagi waktunya dengan baik.

Pesan Ketua Prodi Informatika – Program Sarjana

Bapak Dr. R. Teduh Dirgahayu (Ketua Program Studi Informatika – Program Sarjana) menambahkan bahwa selama menjalani studi di YSU, mahasiswa tetap sebagai bagian UII. Jika terdapat masalah maupun kendala, mahasiswa dapat menyampaikannya ke UII.

Insya Allah, usaha menuntut ilmu yang dilakukan dapat dihitung sebagai amal baik yang akan memudahkan jalan menuju surga. Aamiin Yaa Rabbal ‘Aalamiin…