Kolokium 2020

Kolokium 2020

Alhamdulillah, pada Sabtu, (12/12) lalu, Program Studi Informatika – Program Sarjana telah sukses menyelenggarakan agenda kegiatan Kolokium Informatika 2020. Kolokium ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap akhir semester. Seperti halnya semester lalu, kali ini kolokium masih dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting.

Agenda dibuka dengan sambutan dari Ketua Prodi Informatika Program Sarjana, Bapak R. Teduh Dirgahayu, dan Bapak Ari Sujarwo. Presentasi makalah dilakukan dengan dua sesi. Sesi pertama dilaksanakan mulai pukul 08.45-12.00, sedangkan sesi kedua mulai pukul 13.00-14.45.

Terdapat 59 makalah yang dipresentasikan pada kegiatan Kolokium Informatika 2020. Ruang presentasi dibagi menjadi tiga, yaitu ruang Dieng, Sindoro, dan Bromo. Ruang-ruang ini dimoderatori oleh dosen yang berbeda pula, antara lain Bapak Ahmad Raf’ie Pratama, Bapak Hari Setiaji, Bapak Andhik Budi Cahyono, Ibu Erika Ramadhani, Bapak Ahmad Fathan Hidayatullah, dan Ibu Arrie Kurniawardhani.

Selain presentasi makalah oleh peserta, pada Kolokium 2020 ini terdapat pemilihan makalah terbaik. Katiga karya tersebut dapat diakses melalui laman AUTOMATA. Berikut tiga presenter makalah terbaik pada Kolokium Informatika 2020:

  1. Geraldy Yusuf Pralampita – Analisis Kesadaran Pembaruan Aplikasi di Smartphonedengan Model KAB
  2. Indri Dwi Febriani – Identifikasi Stadium Plasmodium Vivax untuk Penegakan Diagnosis Penyakit Malaria dengan Sistem Berbantuan Komputer
  3. Habib Faizal Fadli – Identifikasi Cyberbullying pada Media Sosial Twitter Menggunakan Metode LSTM dan BiLSTM

Harapannya, dengan kolokium ini, mahasiswa dapat berdiskusi dan memperoleh saran dari para dosen terhadap penelitiannya sehingga nantinya skripsi yang disusun lebih baik.