kuliah umum informatika 2020 security privaci ethics

Selasa, 15 Desember 2020 lalu, Program Studi Informatika Program Sarjana telah menyelenggarakan kuliah umum secara daring bagi mahasiswa mata kuliah Fundamen Informatika yang bertajuk “Security, Privacy, & Ethics”. Selain mahasiswa, kegiatan ini juga terbuka untuk kalangan di luar Informatika UII. Bapak Dr. Charles Lim B.Sc., M.Sc. dari Swiss German University dipilih sebagai pembicara untuk memberikan edukasi kepada total 150 lebih partisipan.

Agenda dimulai dengan sambutan dari perwakilan dosen Prodi Informatika, Pak Galang Prihadi Mahardika S.Kom., M.Kom.. Beliau menyebutkan, keamanan data merupakan hal penting di era digitalisasi dan kita perlu tahu bagaimana menyikapi masalah ini. Oleh karena itu, tema “Security, Privacy, & Ethics” sengaja diangkat pada kuliah umum kali ini.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Pak Charles Lim selaku pembicara. Beliau menekankan bahwa dalam menggunakan internet, kita harus selalu berhati-hati karena risiko keamanan sangatlah besar. Selain mengedukasikan soal keamanan data, Pak Charles juga berpesan agar senantiasa menjaga nilai etika dalam penggunaan internet.

Partisipan diberikan kesempatan untuk bertanya pada sesi tanya jawab yang sekaligus sesi penutup. Untuk memberi apresiasi atas antusiasme partisipan dalam menyimak materi, panitia memberikan doorprize bagi para penanya terpilih.

Terima kasih untuk Pak Charles Lim atas ilmu yang telah dibagikan, dan bagi mahasiswa, sampai jumpa kembali di kuliah umum berikutnya!