Assalamualaikum, Sobat Informatika!
Kalian sudah tahu, kan, kalau di Informatika UII ada program Double Degree? Salah satu tujuan Double Degree yang ditawarkan adalah Nanjing Xiaozhuang University (NXU) yang bisa diambil mulai dari semester 5. Nah, tapi kalo di masa pandemi gini masih ada gak sih programnya? Jawabannya, iya masih ada! Untuk sementara program ke NXU masih dilaksanakan secara daring. Salah satu peserta dari program ini adalah Shafri Syamsuddin yang mulai mengikuti Double Degree sejak September tahun kemarin. Kira-kira gimana pengalamannya selama Double Degree di NXU secara daring ini, ya?

Shafri sendiri mendaftar program ini karena ingin mencari pengalaman belajar baru ke luar negeri dengan subsidi beasiswa dari kampus. Pada awalnya, dia tak mengira program kali ini akan terhalang oleh pandemi. Setelah diketahui bahwa ia tak bisa berangkat, pihak NXU menawarkan pilihan untuk membatalkan program. 

“Tapi saya tetap pengen ikut, karena ya saya merasa kuliah ya kuliah, dan walaupun saya cancel saya tetap mendapatkan treatment kuliah daring juga di UII.” ujar Shafri.

Walaupun penyelenggaraannya masih daring, pengalaman yang didapat Shafri sama sekali tak berkurang. Dirinya bisa belajar bahasa Mandarin dan budaya Cina. Lebih lagi, ia bisa belajar bersama mahasiswa-mahasiswa dari kampus lain, “Seperti kuliah semester 1 lagi, tapi lebih fresh.” kata Shafri.

Language barrier jadi salah satu tantangan yang dihadapinya. Terlebih, dalam kondisi pandemi dan study at home ini situasi tak selalu mendukungnya untuk belajar. Karena itu, ia tetap harus berinisiatif belajar mandiri agar kuliah tetap efektif. Shafri juga lebih merasa tertantang dan ingin mencoba banyak hal seperti mengembangkan game-nya sendiri.

Saat sudah bisa berangkat ke Cina, ia berharap bisa memanfaatkan waktunya selama di sana dengan mencari peluang-peluang yang tak bisa didapat di Indonesia, “apalagi di sana banyak perusahaan IT dan game developer terkenal.” ujarnya. Selain ia ingin mendapatkan pengalaman magang di sana sekaligus mencari peluang S2 ke negara lain, atau mungkin bisa tetap tinggal di Cina ke depannya.

Shafri berpesan agar mahasiswa lainnya yang ingin mengambil program Double Degree tak berpikiran bahwa isinya hal-hal menyenangkan dan santai saja. Terutama di kondisi pandemi yang mengharuskan belajar dari rumah. Kita pun harus tetap mempersiapkan diri untuk pindah ke lingkungan baru nantinya, belajar bahasa baru, dan beradaptasi dengan budaya baru.

“Anggap aja seperti menyesuaikan dari SMA ke kuliah, seperti menjalani semester 1 lagi.” tutup Shafri.

Nah, untuk kalian yang berencana mengambil program Double Degree, bisa dong pantengin website informatics.uii.ac.id dan uii.ac.id/international (@io_uii). Di situ sudah ada informasi mengenai program ini, kok.  Double Degree NXU sendiri masih membuka pendaftaran hingga 30 Maret 2021, jadi jangan sampai ketinggalan!

Jangan lupa juga untuk selalu baca postingan @informatics.uii biar gak ketinggalan program-program menarik seperti Double Degree!

#uiiyogyakarta #universitasislamindonesia #BanggaUII #ftiuii #informaticsuii