, ,

Lima Tim Mahasiswa S-1 Informatika UII Mengikuti Berbagai Seminar Nasional

Asista - SNST

Pada bulan September dan Oktober ini, beberapa mahasiswa Program Studi Informatika – Program Sarjana FTI UII telah melakukan presentasi di beberapa seminar nasional yang berbeda. Makalah yang dipaparkan ini merupakan hasil karya di mata kuliah Bahasa Indonesia untuk Komunikasi Ilmiah. Seminar nasional diikuti secara daring.

Mahasiswa Informatika UII di Semiotika

Dua tim mahasiswa melakukan presentasi di Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Matematika (Semiotika) yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Kalimantan (ITK) pada tanggal 30 September 2023. Tim pertama beranggotakan Agung Prasetyo Abdjul, Wildan Syaifudin Ahmad, dan Rabby Ahsan Matswaya, yang mempresentasikan kajian literatur berjudul: “Neuralink: Dampak, Tantangan, dan Potensi di Masa Depan“.

Wildan - Semiotika

Wildan, perwakilan tim, memberikan presentasi di Semiotika, 30 September 2023

Tim Kedua yang presentasi di Semiotika beranggotakan Yeni Sri Maharani, Sausan Trisdiatin, dan Muhammad Rafli Ihsanudin. Mereka memaparkan makalah mereka yang berjudul: “Kekuatan Enkripsi End-to-End: Kajian Literatur Mengenai Kerahasiaan Komunikasi Digital dalam Aplikasi Pesan Instan“.

Rafli - Semiotika

Rafli, pewakilan tim, memberikan presentasi di Semiotika

Mahasiswa Informatika UII di SNST

Pada kesempatan lain, dua tim mahasiswa juga memberikan presentasi di Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SNST) yang diselenggarakan oleh Universitas Wahid Hasyim pada tanggal 25 Oktober 2023. Tim pertama mempresentasikan makalah berjudul: “AI sebagai Alternatif Solusi Manajemen Tingkat Stres Mahasiswa“. Tim ini beranggotakan Hanuga Fathur Chaerulisma, Ihwan Dwi Rizky Fitriawan, dan Asista Ainun Jannatin.

Tim kedua memaparkan makalah berjudul: “Teknologi AR sebagai Media Pembelajaran: Tinjauan Literatur“. Tim ini beranggotakan Muhammad Rasyid Baihaki, Fajar Juliyanto, Muhammad Hafiz, dan M Javier Rasyadi.

Asista - SNST

Hanuga, Asista, dan Ihwan memaparkan karya tulis mereka di SNST, 25 Oktober 2023

Mahasiswa Informatika UII di Technopex 2023

Di tanggal yang sama, 25 Oktober 2023, satu tim mahasiswa mempresentasikan karya mereka di Seminar Nasional Technopex 2023 yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Indonesia. Nabil Najmudin, Bintang Rahmatullah, dan Anugerah Ramadhan Arinal menyampaikan kajian literatur mereka tentang dampak kehadiran GitHub Copilot pada pekerjaan programmer.

Bintang - Technopex

Bintang, perwakilan tim, memaparkan makalah mereka di Technopex

Para mahasiswa ini telah merasakan pengalaman yang berharga, yaitu untuk pertama kalinya mengikuti seminar nasional. Alhamdulillah semua kegiatan berjalan dengan lancar. Kami berterima kasih kepada Program Studi Informatika – Program Sarjana yang telah memberikan dukungan penuh, baik dukungan morel maupun material, sehingga kami dapat mencapai tahap ini dengan baik.

[/FA]