Pada tanggal 19 Juni 2021, Jurusan Informatika UII mengadakan kegiatan berjudul SINAPSIS: Simposium Nasional Program Studi Informatika dan Serumpun pada Perguruan Tinggi Islam se-Indonesia.

Kegiatan SINAPSIS ini merupakan salah satu kegiatan yang memiliki tujuan untuk mengajak para pengelola program studi Informatika dan serumpun pada perguruan tinggi Islam untuk berdiri bersama, bergandeng tangan mewujudkan kontribusi nyata kepada umat melalui bidang keilmuan Informatika, Ilmu Komputer, dan serumpun dalam wujud tri dharma perguruan tinggi, yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Harapannya, SINAPSIS dapat menjadi pemantik terwujudnya Forum Komunikasi Program Studi Informatika dan Serumpun pada Perguruan Tinggi Islam se-Indonesia.

Kegiatan SINAPSIS diadakan secara daring dan mengangkat dua isu utama:

  • Prodi Informatika pada Perguruan Tinggi Islam menghadapi Kurikulum Merdeka
  • Kolaborasi Penelitian antar Prodi Informatika pada Perguruan Tinggi Islam

Dengan narasumber: Dr. Mhd. Furqan, M.Comp.Sc. (UIN Sumatera Utara), R. Teduh Dirgahayu, S.T., M.Sc., Ph.D. (UII), Imam Much Ibnu Subroto, ST, M.Sc, Ph.D. (UNISSULA), Dr. Sri Kusumadewi, S.Si., M.T. (UII) dan dimoderatori oleh Dhomas Hatta Fudholi, S.T., M.Eng., Ph.D. dan Ahmad Raf’ie Pratama, S.T., M.I.T., Ph.D.

SINAPSIS 2021 kali ini dihadiri oleh lebih dari 50 peserta dari 15 Perguruan Tinggi Islam se-Indonesia. Acara berlangsung dari pukul 08.30 hingga pukul 12.00. Kegiatan dilakukan dalam bentuk penyampaian materi secara singkat oleh narasumber dan dilanjutkan dengan sesi diskusi.

 

Dokumentasi: