bangkit-google-ifuii

Surat Edaran Program Merdeka Belajar Bangkit

Bangkit adalah program pendidikan yang ditujukan untuk mahasiswa yang ingin mempelajari dasar-dasar Machine Learning, Pemrograman Android, atau Cloud Computing, dan akan ditawarkan melalui Kampus Merdeka (kategori Studi Independen). Bangkit telah resmi diumumkan sebagai program Kampus Merdeka oleh Dirjen Pendidikan Tinggi – Kemdikbud RI.

Bangkit terbuka hanya untuk 3000 peserta pilihan dari seluruh Indonesia. Mahasiswa/i terpilih akan mengikuti pengalaman belajar online dengan total 900 jam selama 18 minggu yang dimulai pada Februari 2021. Kurikulum Bangkit dapat diakses di https://bit.ly/bangkit-curriculum. Peserta yang menyelesaikan program ini akan memenuhi syarat hingga 20 kredit studi universitas (SKS) (tergantung persetujuan universitas peserta).  Informasi lebih lanjut dapat dilihat di sini.

Berikut beberapa poin yang harus diperhatikan mahasiswa Informatika UII yang ingin mengikuti program ini:

  • Untuk approval dari pihak kampus, silakan pilih Bapak Dr. Raden Teduh Dirgahayu, S.T., M.Sc.
  • Program akan dikonversi ke MK (mata kuliah) pilihan dengan bobot 16 SKS, sehingga mahasiswa tidak perlu mengambil MK pilihan di prodi lagi.
  • Sebagaimana syarat MK pilihan, mahasiswa harus sudah menempuh 80 sks. Hal ini sesuai dengan syarat program bahwa hanya mahasiswa semester 5 atau lebih yang boleh mengikuti program.
  • Karena setara dengan mengambil MK 16 SKS, mahasiswa hanya boleh mengambil MK di prodi maksimum 8 SKS (tergantung pada jatah SKS). Contoh: jika jatah SKS semester adalah 24 SKS, batas SKS maksimum pengambilan MK di prodi adalah 24 SKS – 16 SKS = 8 SKS.
  • Pada saat keyin RAS, mahasiswa harus memasukkan program yang diikuti dalam RAS sehingga hasil program dapat dikonversi sebagai nilai MK pilihan (akan dikoordinasikan agar program bisa masuk ke sistem).
  • Jika mahasiswa tidak menginginkan konversi nilai, mahasiswa tidak perlu memasukkan MK pada saat keyin RAS. Meski demikian, batas SKS maksimum pengambilan MK di prodi (poin d) tetap diterapkan.

Bagi mahasiswa yang berminat, silakan melakukan pendaftaran melalui:

g.co/bangkit

 

 

 

bangkit-google-ifuii