Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan dalam Membangun Startup

startup - freepik

Apa itu Startup?

Belakangan ini kita sering banget nih denger kata startup. Ya, benar sekali, startup akhir-akhir ini sering diperbincangkan karena diangkat menjadi salah satu judul dari sebuah drama Korea. Sejak awal penayangannya sudah banyak menyita perhatian dari berbagai kalangan khususnya yang tertarik untuk membangun startup. Sebenarnya apa sih startup itu? Mungkin sebagian dari kalian sudah tidak asing dengan istilah startup atau yang biasa dikenal juga dengan sebutan perusahaan rintisan. Dikutip dari Wikipedia, startup adalah istilah yang ditujukan kepada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. Sebagian perusahaan-perusahaan ini merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Startup dulunya ditujukan untuk segala jenis bisnis yang baru saja berkembang dan berjalan kurang dari lima tahun. Saat ini istilah startup merujuk pada sebuah usaha yang baru berjalan dengan menerapkan inovasi teknologi untuk penyelesaian masalah.

Tren membangun startup terjadi di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri banyak sekali perusahaan startup yang menyandang gelar Unicorn. Maka dari itu, tidak heran banyak orang yang berlomba-lomba membangun startup agar usahanya juga sukses. Tapi, tau gak sih, di saat membangun startup, kita tidak hanya memikirkan inovasi produk apa yang ingin kita buat, kita juga harus memikirkan bagaimana agar bisnis kita juga berkembang.

Kembangkan Ide dan Target Pasar

Persaingan dalam dunia bisnis sangatlah ketat, kita harus memikirkan sebuah inovasi baru yang tidak pernah ada sebelumnya, biasanya ketika kita memiliki sebuah inovasi baru pastinya banyak orang yang akan tertarik dengan ide yang kita kembangkan, sehingga tidak hanya menarik perhatian pengguna tetapi juga menarik perhatian investor. Kita juga harus mengenali produk kita ditargetkan untuk pasar yang mana, dengan kita mengetahui target pasar, produk kita akan tepat sasaran sehingga mengetahui penyelesaian masalah apa yang tepat dikembangkan.

Perhatikan Branding Product dan Marketing

Dalam membangun sebuah perusahaan kita pastinya ingin perusahaan kita mendapatkan keuntungan, untuk mendapatkan keuntungan kita harus memasarkan produk kita tersebut. Sebuah produk yang berkualitas tidak akan menarik perhatian apabila tidak diiringi dengan branding product dan marketing yang tepat. Kita harus mengetahui hal apa saja yang sedang populer belakangan ini. Salah satu marketing yang dapat menarik banyak peminat adalah melalui media sosial, dari media sosial tersebut kita dapat mengamati bagaimana ketertarikan seseorang terhadap sesuatu. Media sosial merupakan platform yang pastinya digunakan semua orang, dengan memanfaatkan media sosial kita dapat membantu perusahaan yang kita bangun agar terus berkembang.

Jangan Takut Gagal dan Terus Belajar

Tidak ada salahnya dalam membangun perusahaan kita biasa menemukan kegagalan. Tidak semua orang yang baru saja membuat sebuah bisnis akan langsung mendapatkan keuntungan yang banyak, kadang kita juga dapat menemukan kerugian. Dari semua kegagalan yang dihadapi janganlah membuat kita menjadi orang yang gampang putus asa, dengan kegagalan tersebut kita dapat belajar dan mengevaluasi kegagalan kita dimana agar kita terus berkembang. Dengan kita terus belajar dan berkembang kita jadi lebih tau proses sebuah perusahaan rintisan menjadi perusahaan yang sukses.


Penulis: Alya Jelita Nurrahmania
Mahasiswa Prodi Informatika – Program Sarjana Angkatan 2018