Laundry Dong

Assalamualaikum Sobat Informatika!
Anak kos mana sih yang gak butuh laundry? Selain membantu kita para mahasiswa, usaha-usaha laundry juga sangat berpengaruh dalam roda perekonomian masyarakat. Nah, untuk membantu usaha laundry skala kecil hingga besar yang ada, Aulia Maulana Rizqi dan Tezar Irawan yang tergabung dalam kelompok C.5 dari mata kuliah Pengembangan Aplikasi Berbasis Web membuat sebuah aplikasi yang bisa membantu para pemilik laundry untuk menjalankan bisnisnya bernama LaundryDong.

Sesuai namanya, aplikasi berbasis web ini menyasar para pemilik laundry yang mengalami kendala dalam menjalankan bisnisnya. Laundry Dong menyediakan fitur-fitur andalan seperti memasarkan produk jasa, mengatur transaksi, manajemen pegawai, hingga visualisasi laporan keuangan. Fitur yang disediakan ini selaras dengan kebutuhan ibu-ibu dan bapak-bapak laundry yang kesulitan melakukan pencatatan bisnis mereka. Yang awalnya harus dilakukan secara manual, sekarang bisa dilakukan dengan beberapa klik sehingga beban kerja mereka pun berkurang.

Aplikasi Laundry Dong ini dibangun dengan menggunakan teknologi seperti XAMPP sebagai penyedia paket PHP, Apache, dan MySQL, Sublime dan Atom sebagai text editor dan GitHub sebagai Version Control System.

Menurut C.5 sendiri, aplikasi ini masih memiliki beberapa kekurangan. Salah satu yang utama adalah hanya bisa digunakan untuk satu laundry saja sehingga setiap pemilik laundry harus menginstal sendiri aplikasi masing-masing. Harapannya, Laundry Dong bisa digunakan oleh banyak orang sekaligus tanpa perlu repot-repot menginstal sendiri.

Kreatif, ya! Karya-karya seperti inilah yang kita butuhkan untuk membantu usaha-usaha masyarakat, terutama bapak dan ibu laundry yang sangat berjasa bagi hidup mahasiswa. Semangat ya untuk C.5 dan ditunggu perilisan aplikasinya.

Karya ini bisa dilihat di website Informatics Expo
(informatics-expo.id/karya/406)

pengembangan aplikasi berbasis web