,

International Webinar Center of Data Science UII 2021

 

Center of Data Science (CDS) UII mengadakan agenda webinar bertaraf internasional pada 10-11 Desember 2021 lalu dengan tema “Data Science for Human Life”. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual melalui Zoom. Acara webinar internasional ini diisi oleh 4 orang pembicara, 2 dari internal Jurusan Informatika UII dan 2 pembicara eksternal. 

 

Pembicara pertama disampaikan oleh Dr. Ahmad Luthfi dari Universitas Islam Indonesia. Beliau adalah salah satu dosen Jurusan Informatika UII yang baru saja meraih gelar doktor di Delft University of Technology, Belanda. Beliau menyampaikan materi dengan topik “Data Science for Opening Government Data Decision Making”. Pada sesi pembicara kedua, materi disampaikan oleh Dr. Atika Qazi dari Universiti Brunei Darussalam dengan topik “Covid-19 and Applications of Data Analytics”.

 

Di hari kedua, Dr. Ganjar Alfian dari Dongguk University, Korea menyampaikan materi mengenai “Machine Learning and IoT for Food Supply Chain and Healthcare Monitoring System”. Materi sesi terakhir webinar ini diisi oleh Dr. Chandra Kusuma Dewa dari Universitas Islam Indonesia. Beliau juga baru selesai studi S3 dari Toyohashi University, Jepang. Dr. Chandra memaparkan presentasi mengenai “Deep Reinforcement Learning for Robot Learning”.

 

Tujuan diadakannya webinar tersebut di antaranya untuk berbagi pengetahuan mengenai penerapan terkini dari ilmu sains data dalam kehidupan sehari-hari dan juga memformulasikan aplikasi-aplikasi sains data sebagai alternatif solusi terhadap fenomena kehidupan sehari-hari. Selain itu, dengan diadakan acara ini diharapkan agar Center of Data Science (CDS) UII lebih dikenal lagi secara luas, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

 

Peserta kegiatan ini sejumlah 173 orang dari beberapa negara di antaranya Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Niger, dan Pakistan. Adapun latar belakang peserta sangat beragam mulai dari mahasiswa S1 s.d. S3, dosen, praktisi, guru, dan umum.

 

Rekaman Webinar:

 

Dokumentasi:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.