, ,

Magang Studi Independen Bersertifikat

Pada Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022, mahasiswa dapat mengikuti Program Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) 2022 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sebagai implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Alur bagi mahasiswa yang ingin mengambil Penjaluran Magang, dapat mengikuti timeline berikut:

  1. Pendaftaran Desember 2021-Januari 2022.
  2. Mulai magang paling cepat Februari 2022 dan paling lambat Mei 2022.
  3. Pelaksanaan magang paling cepat 6 bulan dan paling lama 8 bulan.
  4. Diseminasi hasil magang Agustus 2022.

Mengutip pernyataan yang disampaikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbudristek, Nizam pada Webinar Sosialisasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. “Oleh karena itu mahasiswa harus mempunyai kapasitas baru untuk menjadi SDM di masa depan yang siap untuk berpengalaman hari ini dan merancang di hari esok. Kita tidak bisa hanya mengacu pada text book cara belajar kita selama ini. Oleh karena itu, kita perlu menyiapkan SDM unggul yang menguasai berbagai bidang keilmuan, siap berkolaborasi lintas disiplin keilmuan, dan siap jadi penyelesai berbagai permasalahan yang kompleks,” jelasnya.

Kemudian ada syarat wajib yang perlu diperhatikan, jika MSIB ingin diakui sebagai Penjaluran Magang untuk diikuti di Prodi Informatika-Program Sarjana UII, yakni:

  1. Perusahaan bergerak di bidang IT atau perusahaan non IT yang memiliki divisi/departemen IT.
  2. Perusahaan Menengah, memiliki lebih dari 20 karyawan. Jika perusahaan non IT, pekerjaan IT dilakukan secara tim dalam divisi/departemen IT dengan lebih dari 5 karyawan.
  3. Bukan perusahaan baru, berusia lebih dari 3 tahun.
  4. Pekerjaan yang berhubungan dengan informatika: analisis, desain, programming, testing, engineering, data science, yang menghasilkan produk/artifak untuk Tugas Akhir.
  5. Pekerjaan tidak bertentangan dengan Islam. Misal jika di sektor perbankan/keuangan, harus dipastikan dilakukan sesuai syariah (contoh: tidak mengurusi saham, bunga bank, kredit, lising).

Beberapa rekomendasi yang juga dapat diperhatikan untuk diikuti yakni:

  1. Perusahaan yang telah bermitra dengan Informatika UII. Informasi lengkap dapat dilihat di https://informatics.uii.ac.id/mitra-institusi/.
  2. Perusahaan-perusahaan yang telah menjalin kerja sama dengan Informatika UII akan diinformasikan update lowongan magangnya kemudian (Melalui IG Informatics.uii)
  3. Perusahaan yang berlokasi di Yogyakarta atau di tempat mahasiswa tinggal.

 

Dalam rangka menyiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat, kompetensi mahasiswa harus disiapkan untuk lebih siap dengan kebutuhan zaman.

 

Informasi lebih lanjut dan pendaftaran bisa diakses melalui:  https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *