Cara Membuat Program Login Sederhana dengan Bahasa Java

Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar tentang cara membuat program login sederhana dengan bahasa Java.

Spesifikasi Program

Ada beberapa materi yang akan digunakan dalam studi kasus ini, yaitu percabangan bersarang (nested if) dan perulangan while. Sebelum memulai coding, akan lebih baik jika kamu memahami sistem login yang akan dibangun terlebih dahulu. Berikut adalah spesifikasi dari sistem yang akan dibangun:

  1. Program dapat menerima masukan dari user berupa username dan password. Dengan ketentuan terdapat dua data login yang dapat diterima dan diizinkan masuk oleh sistem, yaitu username “dosen” dengan password “dsn123” dan username “mahasiswa” dengan password “mhs123”.
  2. Pengecekan input:
    1. Jika berhasil masuk dengan username “dosen”, program akan menampilkan output “Selamat Datang Dosen”.
    2. Jika berhasil masuk dengan username “mahasiswa”, program akan menampilkan output “Selamat Datang Mahasiswa”.
    3. Jika username benar tapi password salah, program akan menampilkan output “Password Salah”.
    4. Jika username dan password salah, program akan menampilkan output Username dan Password Salah”.
  3. Program akan terus-menerus meminta input dari user selama data login yang dimasukkan salah dan berhenti jika data yang dimasukkan sesuai.

Setelah mengetahui spesifikasi dari program yang akan dibuat, proses pembentukan sistem akan dibagi menjadi dua tahap.

Tahap 1. Membuat Login Basic dengan Percabangan

Dari spesifikasi di atas, langkah awal yakni mengecek apakah user yang masuk adalah dosen atau mahasiswa. Jika yang masuk adalah dosen, sistem akan mengecek kembali apakah password yang dimasukkan sama dengan “dsn123”. Jika benar, tampilkan “Selamat Datang Dosen”.

Setelah login sebagai dosen telah selesai, pengecekan user dilakukan. Jika user yang login adalah mahasiswa, cek kembali password yang dimasukkan sama atau tidak dengan “mhs123”. Jika iya, tampilkan “Selamat Datang Mahasiswa”. Jika password berbeda, tampilkan “password salah”. Jika yang login bukan dosen ataupun mahasiswa, tampilkan “username dan password salah”.

Gambar di atas merupakan tampilan kode program dari sistem login pada tahap 1.

Gambar di atas merupakan hasil running dari program login pada Tahap 1.

Tahap 2. Tambahkan While Looping

Tujuan penambahan pengulangan pada program di Tahap 1 agar program akan terus berjalan selama data login yang dimasukkan user masih salah. Bagian ini akan sedikit lebih sulit dipahami, tetapi Tahap 2 ini akan diawali dengan kode program yang lebih sederhana.

Lupakan sejenak studi kasus login di atas. Cobalah membuat contoh kasus while looping agar dapat lebih mudah memahami konsepnya. Contohnya adalah program yang akan meminta input berupa nama dari user. Jika nama yang dimasukkan user sama dengan “ihsan”, perulangan akan berhenti. Namun, jika nama tidak sesuai, program akan terus meminta input nama dari user.

Dari spesifikasi di atas, dibutuhkan satu variabel yang akan kita beri nama “ulang” dengan tipe data boolean dan nilai awal true untuk memberhentikan perulangan pada perulangan while. Perulangan terjadi apabila variabel “ulang” bernilai true dan akan berhenti jika variabel “ulang” bernilai false. Di dalam blok perulangan while ini, program akan meminta input nama dari user. Lalu, program akan mengecek kesesuaian input dengan “ihsan” atau bukan. Jika sesuai, nilai variabelulang” menjadi false sehingga perulangan akan berhenti karena nilai variabel “ulang” tidak memenuhi kondisi yang diterapkan di awal.

Berikut adalah hasil running program tersebut setelah dijalankan:

Setelah memahami alur kerja dari perulangan while, merujuk spesifikasi yang ketiga, program akan dikembangkan dengan perulangan while agar program terus meminta data login dari user selama data login yang dimasukkan salah dan berhenti jika data login telah sesuai. Tambahkan while looping terlebih dahulu. Untuk menghentikan perulangannya, kita akan membuat satu variabel dengan nama “izinLogin” bertipe boolean dengan nilai awal false. Perulangan while akan terus dieksekusi jika “izinLogin” bernilai false (artinya login gagal karena data login masih salah) dan program akan berhenti jika “izinLogin” bernilai true. Kemudian, di dalam blok perulangan while, masukkan kode yang telah ditulis di Tahap 1.

Perhatikan perubahan pada kode: terdapat penambahan while loop. Jika kode tersebut dijalankan, tampilan hasilnya sebagai berikut:

 

Hasil run program login tersebut masih terdapat bug. Dari output di atas, program terus berjalan walaupun username dan password yang dimasukkan sudah sesuai. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Seperti analisis di awal, seharusnya perulangan berhenti jika username dan password yang diberikan sudah sesuai. Lalu, bagaimana menghentikan perulangannya? Cukup ubah nilai variabel “izinLogin” menjadi true (artinya user sudah berhasil login sehingga tidak dibutuhkan perulangan).

Perhatikan kode dengan warna font hijau. Berikut hasil program login sederhana yang telah berhasil dibuat:

“Belajar ngoding itu emang susah, ngabisin banyak waktu, keliatan kayak orang introvert, dan kadang kita harus begadang hanya untuk nemuin error sepele. Tapi semua itu nggak percuma kok, di masa depan skill kalian akan sangat berguna dimanapun itu. Kalian hanya perlu terus mencoba. Programming is more about not giving up.”


Penulis: (Mahasiswa/i Prodi Informatika – Program Sarjana)

  • MUHAMMAD IHSAN SYAFIUL UMAM (Penulis Utama)
  • DAWWAM ZHARIF PRAKOSA
  • ROHMANDITA MEDINAHANTA
  • MAYLA AYYUNI SONYA

[/FA]