Pentingnya UI/UX pada Aplikasi atau Web

UI UX
UI UX

Sumber gambar: www.freepik.com/free-vector/gradient-ui-ux-background_16683399.htm

Sebuah aplikasi atau web yang memiliki tampilan memesona akan menarik pengguna dalam menggunakan produk tersebut. Terlebih lagi bila produk tersebut mempunyai alur yang jelas sehingga mudah dipakai oleh pengguna. User Interface (UI) bertujuan untuk mempercantik visual tampilan produk. Fokus UI terletak pada pembuatan elemen visual yang mudah diakses, inklusif, dan intuitif. Sementara itu, User Experience (UX) dirancang untuk memberikan pengalaman yang sangat menyenangkan pada user dalam penggunaan sebuah produk yang berupa aplikasi atau web.

UI/UX dapat meningkatkan pengalaman dan kepuasan pengguna. UI/UX mampu meningkatkan jumlah pengguna baru karena biasanya pengguna lama akan merekomendasikan aplikasi atau web tersebut kepada teman, kerabat, saudara, dan lainnya. Desain UI/UX bisa membantu pencipta atau pengembang aplikasi/web dalam memenangkan hati para konsumen dan itu menyebabkan para pengguna menggunakan aplikasi secara terus-menerus.

Dalam sebuah aplikasi/web, UI sangat berpengaruh karena itu merupakan hal yang pertama kali dilihat dan dinilai oleh para pengguna. Dalam pembuatan UI, terdapat beberapa komponen seperti warna, ikon, tipografi, white space, tombol, dan komponen lainnya yang dibuat semenarik mungkin agar membuat para pengguna merasakan kenyamanan dalam penggunaan aplikasi/web.

UX yang baik dan benar adalah yang user friendly: aplikasi/web tersebut dapat memudahkan pengguna saat berselancar di dalam aplikasi/web tersebut tanpa membutuhkan usaha lebih untuk memahami kegunaan dari sebuah aplikasi. UX dapat membantu memperkuat merek dan citra produk/layanan. Hal ini dapat meningkatkan persepsi positif pengguna terhadap merek dan produk/layanan yang dihasilkan. Dengan demikian, pengguna akan selalu mengingat produk/layanan dari suatu aplikasi/web tersebut.

Referensi

  1. https://integrasolusi.com/blog/pentingnya-peran-ui-ux-dalam-sebuah-aplikasi/
  2. https://www.kompasiana.com/sukmagiripratama4797/6011681b8ede483d814c9ed2/pentingnya-ui-ux-design-dalam-pengembangan-aplikasi#section2
  3. https://startupstudio.id/ui-ux-design/

 Penulis: Mahasiswa S-1 Informatika UII

  • Raihan Alfajry
  • Daud Hidayat Ramadhan
  • Satriya Adhi Pradana

[/FA]