Informatika UII di Technology Euphoria 2016

Puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah SWT. Pada hari Sabtu, 8 Oktober 2016, tiga orang mahasiswa perwakilan dari Teknik Informatika UII mendapatkan juara 3 (ketiga) dalam kompetisi pemrograman Technology Euphoria yang diadakan oleh Universitas Sriwijaya, Palembang. Ketiga orang mahasiswa tersebut adalah Nur Muhammad, Rahmad Arifan Hr, dan Wahid Haniv Aryanda. Ketiganya merupakan mahasiswa Teknik Informatika angkatan 2013 dan tergabung ke dalam tim yang mereka beri nama MuslimCyber.

Dalam kompetisi Technology Euphoria 2016, 3 tim perwakilan dari UII diundang untuk mengikuti tahap final. Total ada 10 tim yang masuk final, berasal dari perguruan-perguruan tinggi di Indonesia, khususnya daerah Sumatera dan Jawa. Adapun kompetisinya berbentuk problem solving. Setiap tim harus menyelesaikan soal-soal yang cukup rumit yang diberikan oleh juri dengan membuat program komputer. Mahasiswa harus memiliki pengetahuan yang mendalam tentang algoritma yang akan digunakan untuk menyelesaikan persoalan. Selain itu, mahasiswa juga harus mampu mengimplementasikannya ke dalam bahasa pemrograman tertentu. Tim yang paling banyak dan paling cepat menyelesaikan persoalan yang diberikan yang kemudian akan dipilih menjadi juara.

Beberapa tahun terakhir, mahasiswa Jurusan Teknik Informatika UII aktif mengikuti berbagai kompetisi pemrograman yang sering disebut dengan istilah competitive programming ini. Para mahasiswa yang ingin meningkatkan skill-nya di bidang pemrograman, terutama competitive programming, dapat bergabung ke dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Programming Study Club (PSC). UKM PSC yang dibina oleh Bapak Hanson Prihantoro Putro, M.T. dan beberapa dosen lainnya merupakan bentuk keseriusan Jurusan Teknik Informatika untuk mengembangkan skill pemrograman. Diharapkan para mahasiswa dapat meraih prestasi setinggi-tingginya. Alhamdulillah, dalam dua tahun terakhir ini sudah banyak mahasiswa perwakilan dari UII yang aktif mengikuti competitive programming.

Selain di Universitas Sriwijaya, perwakilan dari Informatika UII juga pernah diundang mengikuti final kompetisi pemrograman di STMIK Mikroskil Medan dan Universitas Petra Surabaya. Semoga ke depannya semakin banyak prestasi yang bisa diukir oleh para mahasiswa Teknik Informatika UII.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.