,

Pelatihan Digital Marketing bagi Muslimah Jogja Entreperneur

Pelatihan Digital Marketing bagi Muslimah Jogja Entreperneur

Semakin berkembangnya pasar dalam jual beli secara online memberikan peluang bisnis yang luas bagi masyarakat, khususnya bagi para muslimah. Salah satu daya tarik dari strategi bisnis ini adalah kemudahan dalam transaksinya karena dapat dilakukan dari rumah.

Di Yogyakarta sendiri, telah tumbuh sebuah komunitas Muslimah Jogja Entreperneur sebagai wadah bagi para muslimah yang memiliki usaha dalam berbagai bidang. Untuk meningkatkan pemasaran produk para anggotanya secara online, diinisiasi sebuah kegiatan pelatihan digital marketing sebagai bentuk kerja sama antara Jurusan Informatika UII dan Jogja Muslimah Entreperneur.

Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan pada tanggal 17 Juli 2018, di Auditorium FTI Lantai 3, dengan diikuti oleh sekitar 90 orang peserta. Acara dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jurusan Informatika UII Nur Wijayaning Rahayu, S.Kom., M.Cs. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya pemasaran secara digital di era informasi ini untuk mendukung ekspansi bisnis para anggota JME. Dari JME sendiri, Bu Elvira mewakili komunitas memberikan apresiasi bagi Jurusan Informatika yang bersedia menjadi tuan rumah dalam pelatihan Digital Marketing Muslimah Entreperneur ini.

Ilmu Digital Marketing

Materi diberikan dalam tiga sesi oleh sejumlah Dosen Jurusan Informatika di bawah koordinasi Ibu Sheila Nurul Huda, M.Cs. sebagai ketua acara pelatihan ini. Materi pertama diberikan sebagai pengantar bagi peserta untuk lebih memahami mengenai fenomena dalam pemasaran secara online, peluang yang bisa dimanfaatkan, dan beberapa hal yang harus dihindari oleh pebisnis online.

Do-It-Yourself: Membuat Mini Photobox

Pada sesi kedua diberikan materi pembuatan photobox berupa sebuah kotak sederhana untuk pengganti studio foto mini. Peserta dibagi menjadi 13 kelompok dan setiap kelompok membuat sebuah photobox dengan menggunakan bahan-bahan yang sudah disediakan oleh panitia. Setiap peserta diberi kesempatan untuk memotret produknya dalam photobox.

Editing Foto dengan SnapSeed

Di sesi terakhir, peserta diberi materi mengenai penyuntingan foto produk dengan menggunakan Aplikasi SnapSeed. Dengan memanfaatkan fitur-fitur SnapSeed, foto produk akan terlihat lebih menarik saat diunggah ke berbagai media sosial atau marketplace. Di akhir acara dipilih lima foto produk terbaik dari peserta dan untuk memeriahkan acara. Panitia memberikan souvenir menarik dari Fakultas Teknologi Industri UII bagi seluruh pemenang.