Kelas Inspirasi “Menjadi Enterpreneur”: Kembangkan Jiwa Bisnis Mahasiswa

Kelas Inspirasi Menjadi Enterpreneur

Kamis (20/6) pagi hari, Auditorium FTI UII cukup ramai. Mahasiswa-mahasiswa dari berbagai program studi, jenjang dan bahkan angkatan sedang mengikuti Kelas Inspirasi “Menjadi Enterpreneur” yang diselenggarakan oleh Magister Teknik Informatika FTI UII.

Kelas Inspirasi "Menjadi Enterpreneur" - Magister Informatika FTI UII

Kelas Inspirasi “Menjadi Enterpreneur” – Magister Informatika FTI UII

Kelas Inspirasi ini diisi oleh pembicara yang andal di bidangnya, yaitu Novi Wahyuningsih yang merupakan CEO Cakratalk dan salah satu alumni Teknik Informatika UII sekaligus founder JALA, Bapak Aryo Wiryawan. Pembicara pertama, Ibu Novi Wahyuningsih menceritakan pengalamannya jatuh bangun membuat perusahaan startup hingga beliau dapat sukses seperti sekarang membangun perusahaan PT. Callind Cakra Nusantara, dengan aplikasi Callind sebagai produknya, dan dua perusahaan lainnya.

Diikuti oleh Bapak Aryo Wiryawan lebih menjelaskan tentang teknik-teknik membuat bisnis yang dimulai dari ide, mencari anggota tim yang cocok dan cara menyesuaikan diri dengan tim. Hingga akhirnya, beliau sedikit menjelaskan mengenai bisnisnya, JALA, perusahaan pemberdayaan petambak ikan dengan teknologi.

Bapak Aryo Wiryawan dari JALA

Bapak Aryo Wiryawan dari JALA

Acara yang dimoderatori oleh Bapak Hari Setiaji ini selanjutnya diadakan sesi study case dengan membentuk beberapa kelompok dari mahasiswa-mahasiswa yang hadir. Hasil diskusi masing-masing kelompok diharapkan mahasiswa dapat membuat Business Model Canvas sebagai salah satu “tools” untuk membuat bisnis sesuai dengan case yang diberikan oleh pembicara.

Diskusi Kasus - Pengembangan Business Model Canvas

Diskusi Kasus – Pengembangan Business Model Canvas

Magister Teknik Informatika UII sedang mengadakan kompetisi Business Plan yang dapat diikuti seluruh program studi yang ada di UII. Segera daftar melalui  link s.id/inovasibisnis. Batas pengumpulan proposal business plan 12 Juli 2019.