Kunjungan Industri Prodi Informatika Program Sarjana ke Jakarta

HMTF LEM FTI UII kembali mengadakan program tahunan kunjungan industri informatika untuk tahun 2019. Program ini dilaksanakan selama empat hari, yaitu pada tanggal 18-21 November 2019. Tujuannya adalah perusahaan-perusahaan IT di Jakarta. Acara dimulai dengan pembukaan sekaligus pelepasan peserta Kunjungan Industri 2019 pada Senin (19/11/2019). Pembukaan tersebut dihadiri oleh Ketua HMTF LEM FTI UII, yaitu Agung Bahariyanto, Dhomas Hatta Fudholi, S.T., M.Eng., Ph.D. selaku perwakilan dari Program Studi Informatika, serta Moh. Idris, S.Kom., M.Kom. selaku pembimbing rombongan yang akan berangkat kunjungan ke Jakarta. 

Kunjungan Industri Informatika ke Jakarta Smart City

Peserta kunjungan industri tahun ini berjumlah 43 mahasiswa, terdiri dari 14 putri dan 29 putra. Rombongan yang berangkat dari Yogyakarta pada pukul 14.00 ini tiba di Jakarta pada pukul 03.30 pagi dan langsung menuju Masjid Istiqlal untuk shalat Subuh.

Kunjungan ke Jakarta Smart City

Setelah sarapan, rombongan langsung menuju Jakarta Smart City (JSC) yang terletak di Lantai 3 Gedung Balai Kota DKI Jakarta. Rombongan diberi penjelasan terkait konsep, tujuan, dan sasaran Jakarta Smart City, serta peran dan implementasinya di Jakarta saat ini. Contohnya, aplikasi Qlue dan Cepat Respons Opini Publik (CROP). Keduanya diklaim mampu mempermudah kinerja Pemprov DKI Jakarta dalam merespons keluhan  warga.

Kunjungan Industri Informatika HMTF UII

Kunjungan ke PT. Garena Indonesia

Selepas shalat zuhur, rombongan berangkat menuju PT. Garena Indonesia yang terletak di Pacific Century Place Lantai 28-29, Jakarta Selatan. PT. Garena Indonesia memberikan gambaran tentang industri gim, bagaimana proses terciptanya sebuah gim—mulai dari creating, testing, publishing, marketing—hingga gim tersebut dapat diterima dan eksis di pasaran. Selain itu, peserta juga bermain live-game sederhana secara bersama. Setelah melakukan kunjungan ke PT. Garena Indonesia, rombongan menuju hotel untuk beristirahat.

Kunjungan Industri Informatika ke PT Garena

Kunjungan ke Datacomm

Keesokan harinya, rombongan peserta Kunjungan Industri Informatika 2019 melakukan kunjungan terakhir ke Datacomm Diangraha. Datacomm Diangraha merupakan salah satu Service Provider ICT terkemuka di Indonesia. Rombongan diberi deskripsi kerja seorang Network Engineer di lapangan, serta wawasan mengenai komputasi awan.

Kunjungan Industri Informatika ke Datacomm

Kunjungan Industri 2019 diharapkan mampu memberikan gambaran kepada peserta terkait dunia kerja, terutama di bidang informatika. Kegiatan ini juga dapat membantu peserta yang nantinya ingin memilih jalur magang sebab setiap perusahaan yang dikunjungi selalu menyampaikan persyaratan yang dibutuhkan untuk internship dan perekrutan pegawai. Program HMTF LEM FTI UII ini diharapkan bisa berlangsung terus setiap tahunnya guna memperluas pengetahuan mahasiswa terhadap dunia kerja—misalnya, soft skill dan hard skill yang dibutuhkan—sehingga memperbesar peluang untuk dapat diterima di perusahaan-perusahaan besar. [/Virdha]