Alhamdulillah, Sabtu, (11/7) lalu, telah terselenggara Webinar Prodi Informatika Program Magister UII “Mengajak Millenials Beramal Maksimal di Era New Normal”. Webinar yang diselenggarakan setiap hari Sabtu selama bulan Juli 2020 kali ini mengangkat tema “Data Science Dalam Konteks Revolusi Industri 4.0”, guys.  Webinar dilaksanakan dari pukul 08.30-12.00 melalui aplikasi Zoom Meeting.

 

Acara disambut oleh Ibu Izzati Muhimmah, Ph.D. selaku Kaprodi Informatika Program Magister. Di minggu kedua webinar ini, Magister Informatika mengundang Bapak Dr. Ridho Rahmadi sebagai narasumber utama yang memaparkan berbagai macam penerapan sains data dalam revolusi industri 4.0. Sebagai moderator, yakni Ibu Arrie Kurniawardhani, M.Kom.

 

Pada webinar ini, juga terdapat tiga mahasiswa Magister Informatika UII konsentrasi Sains Data  yang memaparkan riset tesis mereka, guys. Di antaranya, yaitu:

  • Yurio Windiatmoko, S.Si. – “Chatbot I Know Everything FAQ untuk Universitas Menggunakan Pendekatan Deep Learning”
  • Putri Mentari Endraswari, S.Tr.Kom. – “Analisis Hubungan Kausal antara Variabel Self Perceived Burden, Dukungan Sosial, Kebutuhan Spiritual dengan Cancer Related Fatigue pada Pasien Kanker Payudara”
  • Maghfirah Suyuti, S.Kom. – “Detecting Classroom Fatigue Through Deep Image Learning”

 

Setelah pemaparan tesis oleh tiga mahasiswa Magister Informatika tersebut, terdapat demo deteksi objek menggunakan Deep Learning oleh Bapak Rian Adam Rajagede, M.Cs.

 

Nah, di akhir sesi, narasumber dan peserta webinar berfoto bersama. Seperti webinar sebelumnya, nih, webinar kali ini juga ada doorprize-nya, loh. Ada lima dooprize yang pemenangnya dipilih berdasarkan tiga kriteria, yakni yang paling aktif bertanya/diskusi di Zoom dan berbagi ilmu yang didapatkan dalam webinar ke media sosial, serta peserta kuis yang menjawab paling cepat dan benar.

 

Webinar ini dilaksanakan sebagai wadah untuk berbagi ilmu, pengalaman, dan memberikan insight terkait penelitian Sains Data kepada masyarakat umum, guys. Selain itu, webinar ini juga bertujuan untuk memperkenalkan Prodi Informatika Program Magister, terutama konsentrasi Sains Data, kepada masyarakat.

 

Ke depannya, webinar Magister Informatika ini akan terus dilaksanakan setiap hari Sabtu selama bulan Juli 2020. Stay tune di media sosial kita supaya tidak ketinggalan informasi webinarnya, ya!