Plesiran

Assalamualaikum Sobat Informatika!
Kamu termasuk orang-orang yang kurang bisa mengatur rencana wisata gak, nih? Biasanya ya, kalau rencana perjalanan gak diatur dengan baik, yang ada malah keteteran, over budget, atau bahkan gagal wisata karena kurang tau tempat-tempat menarik untuk dikunjungi. Kesal ya pasti kalau sampai kejadian. Nah, aplikasi bernama Plesiran dari kelompok Pejuang Lulus dari mata kuliah Pengembangan Aplikasi Bergerak dan Manajemen Pengembangan Teknologi Informasi ini mungkin saja bisa membantu mencegah kejadian apes di atas! Susun rencana perjalanan dengan Plesiran biar wisata gak keteteran!

Aplikasi berbasis mobile ini menargetkan para traveller sebagai target pengguna utama. Dengan Plesiran kamu yang suka jalan-jalan bisa terlebih dahulu mencari tempat wisata dan menyusun rencana perjalanan. Pertama, cari dulu daerah mana yang ingin kamu kunjungi, lalu aplikasi Plesiran akan memunculkan tempat apa saja yang bisa kamu kunjungi, mulai dari situs bersejarah, wisata alam, hingga kuliner lengkap dengan detail tempat tersebut. Lalu, kamu tinggal atur jadwal dan estimasi biaya perjalanan yang diperlukan. Selanjutnya? Tinggal jalan ke tempat wisata dengan jadwal yang sudah tertata! Gak ada cerita salah perencanaan lagi, deh.

Selain untuk traveller, para pemilik tempat wisata juga dapat mendaftar dan memasarkan bisnisnya di aplikasi Plesiran. Jadi, selain jadi solusi masalah para wisatawan, juga bisa meningkatkan jalannya roda perekonomian di sektor pariwisata.

Menggunakan Android SDK dan SQLite sebagai tech stack, Plesiran dikembangkan oleh kelompok Pejuang Lulus yang beranggotakan Faiq, Dila, Rayhan, Mina, Ricky, dan Hendra. Mereka berharap, aplikasi ini bisa memberikan inspirasi bagi pengembang-pengembang lain untuk terus berinovasi dan memajukan sektor pariwisata melalui teknologi.

Keren parah sih. Kalian ada rencana jalan-jalan gak? Bisa nih coba-coba aplikasi Plesiran untuk bantu rencana perjalanan kamu, pastinya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan selama pandemi, ya!

Nah, Untuk kamu yang sedang membaca ini, tetap semangat belajar dan teruslah berinovasi dengan teknologi!

PAB

Karya ini bisa kamu lihat di website Informatics Expo
(https://informatics-expo.id/karya/466)