Informatika untuk Dakwah Kreatif

Kecanggihan Teknologi Informasi Saat Ini

Beberapa bulan lalu saya menyadari, saat mencari suatu barang di sebuah marketplace, seakan-akan hampir semua media sosial, bahkan browser, tahu apa yang sedang saya cari. Internet seakan “ngintip” apa yang sedang saya minati dengan menampilkan barang-barang tersebut dalam iklan-iklan mereka. Saya pikir ini hebat sekali sekaligus mengerikan di sisi yang lain. Informasi yang seharusnya hanya saya dan pihak marketplace yang tahu justru bisa tampil dalam platform yang berbeda. Detail informasi yang disajikan dalam iklan, rentang waktu munculnya iklan, cara iklan muncul dengan penonjolan promo-promonya benar-benar “bergerilya” untuk menggoda saya agar membeli barang tersebut.

Dari pengalaman ini, saya belajar bahwa dunia teknologi informasi itu hebat sekali. Informasi bisa sampai dengan cepat, masif, efektif, dan tepat sasaran. Bukan hanya itu, informasi tidak sembarang disampaikan namun juga dapat diolah dan dikemas dengan bentuk yang menarik sekali baik itu foto, video, game, hingga kartu AR (augmented reality) karakter fiksi hadiah cokelat punya adik saya di rumah, juga bisa menampilkan dan menyampaikan informasi dengan sangat menarik.

Sebagai seorang muslim, saya penasaran: Bagaimana jika kehebatan teknologi informasi saat ini bisa dimanfaatkan maksimal untuk dakwah yang lebih kreatif? Apakah dengan teknologi dakwah juga bisa menjadi bagian dari dunia entertainment namun dalam arti yang berbeda?Untuk menjawab hal ini, artikel ini saya tulis.

Apa Itu Informatika?

Semua kehebatan teknologi informasi saat ini adalah hasil dari perkembangan ilmu informatika yang dalam beberapa dekade terakhir mengalami akselerasi perkembangan yang luar biasa. Informatika adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari banyak sistem untuk mengumpulkan dan memperoleh data, untuk disampaikan menjadi informasi yang berguna. Banyak sekali cabang disiplin ilmu yang berkaitan dengan bidang Informatika: informatika medis, sistem informasi untuk bisnis, digital forensik, dan masih banyak lagi dengan masing-masing penerapannya. Informatika dapat mendukung dan berkaitan dengan aspek kognitif dan sosial, termasuk tentang pengaruh serta akibat sosial dari teknologi informasi pada umumnya.

Apa Itu Dakwah?

Dalam Islam, kita diperintahkan untuk tidak menjadi seorang yang baik sendirian. Seorang muslim haruslah mengajak orang lain untuk ikut menikmati dan menjadi baik bersama-sama. Dalam Islam, aktivitas mengajak, menyeru, dan memanggil orang lain ke dalam kebaikan dan Islam disebut dengan dakwah. Secara etimologi, dakwah berasal dari bahasa Arab, dari kata da’a-yad’u-da’watan.

Kenapa Harus Dakwah?

Jika ditanya kenapa muslim harus berdakwah, jawabannya karena Allah Swt. yang memerintahkan. Kita perlu mencari hikmah dari perintah tersebut. Seperti jika seseorang menonton suatu film yang menurutnya bagus sekali, dia akan sangat bersemangat merekomendasikan film itu ke orang-orang yang berharga baginya. Hal ini dia lakukan karena ada sesuatu yang indah dan ingin dia bagikan agar orang lain juga bisa menikmatinya. Sama halnya dengan dakwah. Kita mengajak orang lain agar bisa hidup berprinsip sesuai dengan tuntunan manual book dari Allah Swt., Al-Qur’an, dan melengkapi serta mencontoh praktiknya lewat hadits dari guru terbaik yaitu Rasulullah saw.

Kembali ke perintah dakwah. Disebutkan dalam Al-Qur’an surat Ali-Imran ayat 104: “Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang mengajak kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang mungkar. Merekalah orang-orang beruntung“.

Ada hal yang menarik dari dakwah jika kita lihat dari fakta sejarah. Umat terdahulu juga berdakwah namun hanya sebatas menyeru dan mengajak orang saja baik lewat tulisan dan ajakan langsung. Berbeda dengan zaman kita. Umat muslim saat ini seakan punya tantangan sekaligus harapan baru dalam berdakwah. Pesatnya perkembangan teknologi informasi membuat dakwah harus disajikan dan dilakukan dengan kreativitas tinggi untuk hasil yang lebih baik.

Informatika untuk Dakwah

Apa hal dari informatika yang bisa dimaksimalkan untuk dakwah? Jawabannya banyak sekali. Kita mulai dari media sosial. Cara paling mudah untuk berdakwah saat ini yaitu lewat media sosial. Pertama, buat konten dakwah sekreatif mungkin. Kemudian, unggah ke media sosial untuk disebarkan. Semudah itu.

Atau mungkin bagi Anda pengguna Twitter, bisa mulai menulis dan unggah tweet dakwah pertama Anda. Bagi Anda yang gemar menulis kajian tentang Islam atau topik lainnya, bisa mengunggah di blog pribadi. Sederhana namun bisa sangat bermanfaat untuk orang yang perlu informasi cepat. Anda bisa menulis topik yang sesuai momen, seperti “Apakah vaksin membatalkan puasa?”. Saya yakin banyak orang yang terbantu dengan tulisan Anda.

Anda yang gemar videografi atau para animator bisa berkarya sekaligus berdakwah lewat animasi dan film Anda. Para developer bisa mengembangkan aplikasi Al-Qur’an, hadits, pengingat sholat, atau jika ingin lebih bisa membangun web keislaman, seperti web kajian, web untuk komunitas dakwah, web kelas daring, dan masih banyak lagi.

Ada satu contoh aplikasi yang menurut saya bisa dijadikan tempat belajar dan rujukan dalam mengembangkan aplikasi dakwah yang baik. Aplikasi ini saya temui di Google Play Store dengan nama SKY. SKY adalah aplikasi dari komunitas YukNgaji yang digunakan sebagai pengelolaan kegiatan komunitas, tempat donasi, jual-beli merchandise, hingga kelas daring gratis untuk belajar. Kelasnya beragam mulai dari belajar aqidah dasar, insight Islam, sejarah, belajar berdakwah yang baik dan kreatif. Penyampaian kelas lewat video kreatif dengan sisipan animasi, gaya bahasa yang kekinian dan friendly serta bisa relate dengan kejadian masa kini.


Penulis (Mahasiswa S1 Informatika):

  • Fajar Arya B. (Penulis utama)
  • Biandra Anone A.
  • Dicky G K
  • M. Rif’an

Editor: Fayruz Rahma