Berkenalan Singkat dengan IoT

bagaimana internet of things IoT bekerja

Oleh: Kurniawan D. Irianto

Pendahuluan

IoT (ed. dibaca ‘ai o ti’) adalah singkatan dari Internet of Things di mana IoT merupakan sebuah jaringan yang menghubungkan objek-objek (Things) tertentu. Perangkat IoT juga biasanya sudah terintegrasi dengan sensor-sensor, perangkat lunak, dan teknologi lainnya yang berfungsi untuk menghubungkan dan saling bertukar informasi antara perangkat IoT dengan sistem-sistem menggunakan jaringan internet.

Jenis perangkat IoT sangat banyak dan bervariasi, mulai dari perangkat yang ada di rumah tangga hingga perangkat khusus yang digunakan di industri. Pada tahun 2020, jumlah perangkat IoT di dunia yang terkoneksi ke internet adalah sekitar 10 milyar. Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah dan diprediksi akan berjumlah sekitar 100 milyar pada tahun 2030.

bagaimana internet of things IoT bekerja

Gambar 1. Contoh bagaimana sistem IoT bekerja (sumber: https://www.networkworld.com/article/3207535/what-is-iot-the-internet-of-things-explained.html)

Pada umumnya, IoT memiliki sebuah ekosistem yang terdiri dari perangkat cerdas berbasis web yang menggunakan sistem embedded, seperti prosesor, sensor, dan perangkat keras komunikasi yang digunakan untuk mengumpulkan dan mengirim informasi berdasarkan data yang diterima dari lingkungan sekitar. Perangkat IoT dapat membagi data pembacaan sensor yang mereka kumpulkan dengan cara menghubungkan alat tersebut ke sebuah gateway yang terhubung ke internet.

Perangkat IoT ini dapat pula berkomunikasi dengan perangkat yang lain yang terhubung. Mereka juga dapat melakukan aksi sesuai dengan data yang diterima. Perangkat IoT mengerjakan semua tugasnya secara otomatis tanpa ada interferensi manusia. Meski demikian, manusia tetap dapat berinteraksi dengan perangkat IoT ini.

IoT juga dapat memanfaatkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dan pembelajaran mesin (Machine Learning) untuk membantu mereka dalam proses pengumpulan data agar lebih mudah dan dinamis.

Sejarah Singkat IoT

Teknologi IoT masih tergolong muda dan belum terlalu lama. Baru pada tahun 1999 istilah ‘internet of things‘ dikemukakan oleh Kevin Ashton. Ashton menggunakan frasa tersebut sebagai judul presentasinya untuk proyek sensor baru yang sedang dikerjakannya. Istilah IoT mulai berkembang hingga sekarang.

Meskipun istilah IoT muncul pada tahun 1999, sebenarnya konsep perangkat yang terhubung (connected devices) sudah ada sejak tahun 1832. Ketika telegraf elektromagnetik pertama dirancang, alat ini memungkinkan komunikasi langsung antara dua mesin melalui transfer sinyal listrik. Namun, sejarah Internet of Things yang sebenarnya dimulai dengan penemuan Internet pada akhir tahun 1960-an.

Pada tahun 1962, J.C.R. Licklider, kepala Badan Proyek Penelitian Lanjutan Pertahanan (Defense Advanced Research Projects Agency yang disingkat DARPA) di USA, membayangkan sebuah jaringan galaksi, terdiri dari sekumpulan komputer yang saling berhubungan. Konsepnya kemudian berkembang menjadi Advanced Research Projects Agency Network (ARPANET) pada tahun 1969. Pada tahun 1980, ARPANET dikomersialkan untuk penggunaan umum, dan lahirlah internet.

Linimasa sejarah IoT

Gambar 2. Timeline perkembangan IoT (sumber: https://bytebeam.io/blog/a-brief-history-of-internet-of-things-iot-cl8ipnm83212891kphdhq3845m/)

Perangkat IoT pertama di dunia ditemukan pada awal 1980-an di Universitas Carnegie Melon, USA. Sekelompok mahasiswa di universitas tersebut menciptakan cara agar mesin penjual otomatis Coca-Cola di kampus mereka dapat melaporkan isinya melalui sebuah jaringan sehingga mereka dapat mengetahui jika Coca-Cola di mesin tersebut sudah habis atau belum, dan mereka tidak perlu untuk menghabiskan energi mereka untuk datang ke mesin tersebut. Mereka memasang sakelar mikro ke dalam mesin tersebut untuk melaporkan berapa banyak kaleng Coca-Cola yang tersedia.

Contoh Implementasi IoT

Berikut ini merupakan beberapa penerapan dari teknologi IoT:

1. Smart Home (Rumah Pintar)

Rumah pintar mungkin merupakan aplikasi IoT yang paling populer saat ini karena merupakan salah satu yang paling terjangkau dan tersedia untuk konsumen. Dari Amazon Echo hingga Nest Thermostat, ada ratusan produk di pasaran yang dapat dikontrol pengguna dengan suara mereka untuk membuat hidup mereka lebih terasa terhubung dengan sistem.

2. Wearables

Jam tangan tidak lagi berfungsi hanya untuk menunjukkan waktu. Apple Watch dan jam tangan pintar lainnya di pasaran telah mengubah pergelangan tangan kita menjadi sarung ponsel cerdas dengan mengaktifkan pesan teks, panggilan telepon, dan lainnya. Selain itu, perangkat seperti Fitbit dan Jawbone telah membantu merevolusi dunia kebugaran dengan memberikan lebih banyak data tentang latihan fisik kepada orang-orang.

3. Smart Cities (Kota Cerdas)

IoT memiliki potensi untuk mengubah seluruh kota dengan cara memecahkan masalah nyata yang dihadapi warga setiap hari. Dengan koneksi dan data yang tepat, Internet of Things dapat mengatasi masalah kemacetan lalu lintas dan mengurangi kebisingan, kejahatan, dan polusi.

4. Connected Car (Mobil Terhubung)

Kendaraan ini dilengkapi dengan akses Internet dan dapat berbagi akses itu dengan orang lain, seperti menyambung ke jaringan nirkabel di rumah atau kantor. Lebih banyak kendaraan mulai dilengkapi dengan fobs sebagai pengganti kunci fisik, yang menggunakan sensor untuk melakukan segalanya mulai dari start jarak jauh dan mematikan alarm hingga membuka bagasi dan membuka kunci kendaraan dengan kunci pintar.

5. Agriculture (Pertanian)

Populasi dunia yang terus meningkat mendorong permintaan akan produk pertanian. Namun, migrasi kaum muda ke kota-kota besar menggoyahkan sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk pembangunan pertanian. IoT dan teknologi terkait dapat menjadi sangat penting dalam mengotomatisasi proses pertanian dan memenuhi permintaan pangan.

Penerapan IoT Populer

Gambar 3. Beberapa aplikasi dari teknologi IoT (sumber: https://www.stl.tech/blog/what-are-the-applications-of-iot/)

6. Healthcare (Kesehatan)

Perangkat IoT yang dapat dikenakan memberikan berbagai manfaat bagi pasien dan penyedia layanan kesehatan. Dengan ekstensi, IoT memungkinkan profesional kesehatan untuk memantau pasien dari jarak jauh. Perangkat tersebut dapat secara otomatis mengumpulkan informasi vital kesehatan pasien seperti tekanan darah, detak jantung, suhu, dan lainnya.

7. Hospitality (Keramahan)

Banyak hotel membolehkan tamu untuk mengontrol AC, pemanas, atau ventilasi dari lokasi sentral. Kontrol televisi dan perangkat pemberi salam juga sudah umum dilakukan. Selain itu, perangkat Internet of Things memberi tahu staf hotel tentang status pengoperasian berbagai macam peralatan elektronik. Sehingga teknisi dapat memperbaiki peralatan penting bahkan sebelum terjadi kerusakan dan kehilangan fungsi utama.

Kesimpulan

Dengan adanya perkiraan jumlah perangkat IoT yang terus bertambah dengan jumlah sekitar 100 milyar di tahun 2030, perkembangan teknologi IoT akan terus berlanjut dan akan menjadi teknologi masa depan. Pemanfaatan perangkat IoT sangat luas dan dapat mendatangkan mafaat bagi manusia. Teknologi IoT dapat diterapkan di segala bidang, antara lain di bidang kesehatan, pertanian, perkotaan, perumahan, perhotelan, perangkat wearable, dan otomotif. Dengan demikian, pengetahuan dan keahlian di bidang IoT akan sangat diperlukan oleh orang-orang yang bekerja di bidang teknologi. Mari kita belajar lebih lanjut dan dalam lagi tentang IoT.

Referensi

  1. “What is IoT?.” oracle.com. https://www.oracle.com/id/internet-of-things/what-is-iot/ (accessed Feb. 10, 2023).
  2. Alexander S. Gillis, “What is the internet of things (IoT)?.“ techtarget.com. https://www.techtarget.com/iotagenda/definition/Internet-of-Things-IoT (accessed Feb. 10, 2023).
  3. Jades Scammells, “History of the Internet of Things (IoT).” Itonlinelearning.com. https://www.itonlinelearning.com/blog-history-iot/ (accessed Feb. 10, 2023).
  4. Preeti Kulkarni, “A Brief History of Internet of Things (IoT).” bytebeam.com. https://bytebeam.io/blog/a-brief-history-of-internet-of-things-iot-cl8ipnm83212891kphdhq3845m/ (accessed Feb. 10, 2023).
  5. Andrew Meola, “A look at examples of IoT devices and their business applications in 2023.” Insiderinellegence.com. https://www.insiderintelligence.com/insights/internet-of-things-devices-examples/ (accessed Feb. 10, 2023).
  6. Nitin Abbey, “What are the applications of IoT?.” stl.tech. https://www.stl.tech/blog/what-are-the-applications-of-iot/ (accessed Feb. 10, 2023).
  7. Josh Fruhlinger, “What is IoT? The internet of things explained.” networkworld.com. https://www.networkworld.com/article/3207535/what-is-iot-the-internet-of-things-explained.html (accessed Feb. 10, 2023).

[/FA]